PONOROGO – Pemerintah Desa se-Kecamatan Mlarak,  Kabupaten Ponorogo, Jatim menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Mlarak di Hotel Gajahmada, Selasa (18/9/2017). Acara diikuti oleh 98 orang anggota BPD se-Kecamatan Mlarak.

Camat Mlarak,  Mohammad Ismail,  mengimbau agar para peserta khususnya anggota BPD, agar ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing desanya.

Selain itu, diharapkan kedepan peran BPD bisa menjadi garda terdepan penyalur aspirasi masyarakat di desa.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota BPD seperti penguatan hak dan kewajiban BPD, mekanisme pengawasan dana desa oleh BPD, serta tata cara pelaksanaan musyawarah desa oleh BPD,” kata Mohammad Ismail.

Secara khsusus dia memberi penghargaan yang setinggi-tingginya karena Pemdes se-Kecamatan Mlarak bisa menggelar pelathan bagi anggota BPD. “Kekompakkan dan kerjasama merupakan kekuatan bagi Kecamatan Mlarak. Kita adalah keluarga besar, kita harus bermusyawarah bersama,  kalau ada masalah harus kita selesaikan bersama,” pintanya.

Selain itu dia berharap anggota BPD bekerja sesuai aturan. “Walau sebentar mari kita baca dan pahami aturan. Ayo belajar bersama-sama membaca aturan demi kebaikan bersama,” tandasnya.

Tidak hanya memahami tugas dan fungsi BPD, Camat Mlarak meminta anggota BPD menghindari berita hoax agar Kecamatan Mlarak kondusif.

Kapolsek Mlarak,  AKP Sudaroini dalam acara itu meminta masyarakat termasuk tokoh BPD untuk ikut menjaga kondusifitas Kecamatan Mlarak terutama menjelang pesta demokrasi.

Sedangkan Ketua Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa (PKPD) Kecamatan Mlarak,  H.  Abdul Roziek Yusuf menyampaikan bahwa dengan materi ini diharapkan para anggota BPD dapat memahami posisinya dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa menimbulkan gesekan antara Pemerintah Desa dan BPD.

Selain itu dia juga meminta anggota BPD untuk tidak menceritakan masalah di desa kepada pihak yang lain yang tidak berkompeten. “Kegiatan pelatihan bagi anggota BPD ini harus diniati ibadah,” papar H.  Abdul Roziek Yusuf.

Adapun pemateri atau narasumber berasal dari Camat Mlarak,  PMD dan Wakil Ketua DPRD Ponorogo, H. Miseri Efendy. Selain itu pada kegiatan itu juga ada sesi pemaparan situasi Kamtibmas Mlarak oleh Kapolsek Mlarak,  AKP Sudaroini dan Danramil Mlarak,  Kapten Caj Dwi Bandiyo.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Ponorogo yang juga DPC Partai Demokrat Ponorogo, H.  Miseri Efendy berharap para anggota BPD mengambil peran strategis dalam memajukan desa. “Kita tahu bahwa BPD juga dilantik oleh Bupati dan kewenangannya sangat strategis dalam menentukan pembangunan desa bersama Pemerintah Desa,” harap Miseri.

Lebih lanjut Miseri juga berharap kepada para anggota BPD agar selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi sehingga BPD tidak ketinggalan. “Anggota BPD harus selalu meningkatkan kualitasnya dan salah satunya melalui peningakatan kapasitas anggota BPD ini,”  terang Miseri.  (MNC)