MAGETAN- Pemandangan indah yang instagramebel dan wahana permaian di Desa Janggan membuat Anggota Legislatif asal Dapil 7 Jawa Timur Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas begitu terkesan, menurutnya desa wisata harus terus dikembangkan untuk memperkuat perekonomian warga, tak sekedar menikmati spot foto yang indah, Ibas juga memberikan bantuan lampu penerangan jalan dan fasilitas pendukung lain yang akan membuat wisata Ujung Kulon di Desa Janggan Kecamatan Poncol Magetan Jawa Timur  itu.

 

 

Usai memberikan sosialisasi empat pilar di Desa Belotan, kesempatan emas bagi Ibas untuk juga mengunjungi wisata lokal terdekat, bagi Ibas salah satu yang bisa dilakukan untuk memajukan ekonomi desa adalah mengembangan potensi wisata. “Ini sangat membanggakan, menyenangkan bisa berkunjung ke Wisata Ujung Kulon Desa Janggan Magetan  dan memberikan sesuatu yang bermanfaat salah satu yang bisa dilakukan sebagai kontribusi terhadap kemajuan daerah,” ucapnya Sabtu (27/10/2018).

Menurut Ibas, Wisata Ujung Kulon ini menakjubkan,  cocok untuk refreshing dan menenangkan diri dari karut marut keramaian kota. “Bagi yang ingin refreshing, udaranya sejuk, tempat yang unik ini akan membantu menyeimbangkan antara jiwa dan raga, sangat indah dan recomended untuk melepaskan penat, ” kata putra bungsu presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini.

 

Anggota Komisi X DPR RI ini juga berharap, anak muda yang akrab dengan media sosial membantu mempromosikan daerah wisata lokal ini. “Media sosial merupakan alat promosi yang mudah dan murah, saya harap para pegiat media sosial juga bisa mempromosikan daerah wisata ini,” ajak Ibas.

 

Pengembangan desa wisata, menurut Ibas merupakan primadona pengembangan ekonomi daerah, untuk itu ia meminta pemerintah terus mendukung warga dalam pemanfaatan desa wisata. “Desa wisata biasanya memiliki kecenderungan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata, jadi saya harap semua pihak terkait  harus jeli dan hati-hati dalam pemanfaatan desa wisata dan tidak meninggalkan instrumen tradisi lokal,” pintanya.

 

Menurut Ibas, Industri ukm masayarakat desa juga memegang peranan penting dalam pengembangan desa wisata sebagai industri pendukung sektor pariwisata di kembangkan yang akan meningkatkan kesejateraan.”Warga sekitar bisa mengembangkan banyak usaha rakyat seperti usaha kuliner , oleh-oleh khas daerah , transportasi , homestay atau penginapan , agen travel , serta jasa pemandu wisata  dan semua sektor ini akan hidup jika jumlah kunjungan wisata bisa terus meningkat,” paparnya.

 

Tak lupa Ibas megajak warga untuk berkunjung ke Wisata Ujung Kulon, ia juga berjanji untuk membawa keluarganya juga untuk menikmati keindahannya. ” Tentu saja tempat seindah ini akan sangat disukai oleh keluarga saya, apalagi istri anak-anak saya sangat menyukai wisata alam terbuka seperti ini,” pungkasnya.