Ponorogo –  Provinsi Jawa Timur menyabet 23 penghargaan Piala Adipura Tahun 2013 yang digelar oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh 5 Juni lalu. Penghargaan diraih dalam tiga Kategori, yakni Metropolitan, Kota Besar, Sedang dan Kecil.

Penghargaan diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para kepala daerah penerima, termasuk dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur di Istana Negara, Senin (10/6). Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Tahun ini penyerahan piala berdasarkan pada empat kategori wilayah penilaian. Yakni kategori Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang dan Kota Kecil. Lebih kurang total keseluruhan penerima Piala Adipura 2013 mencapai 94 kota. Ke-23 penghargaan Piala Adipura yang diberikan untuk kota-kota di Jawa Timur. Kategori metropolitan satu kota, kategori kota sedang 8 kota dan kategori 14 kota,

Kategori Kota Metropolitan diberikan kepada Kota Surabaya. Sedangkan Kategori Kota Sedang diberikan kepada Kota Lumajang (Kabupaten Lumajang), Jombang (Kabupaten Jombang), Gresik (Kabupaten Gresik), Madiun, Blitar, Probolinggo, Kediri dan Kota Sidoarjo (Kabupaten Sidoarjo).

Sementara Kategori Kecil diraih Kota Lamongan (Kabupaten Lamongan), Tuban (Kabupaten Tuban), Magetan (Kabupaten Magetan). Sumenep (Kabupaten Sumenep), Bangil (Kabupaten Pasuruan), Ngawi (Kabupaten Ngawi), Caruban (Kabupaten Madiun), Kepanjen (Kabupaten Malang), Pacitan (Kabupaten Pacitan), Bangkalan (Kabupaten Bangkalan), Trenggalek (Kabupaten Trenggalek), Ponorogo (Kabupaten Ponorogo), Kraksaan (Kabupaten Probolinggo) dan Kota Bondowoso (Kabupaten Bondowoso).

Sementara itu untuk ke-6 kalinya Pemerintah Kabupaten Ponorogo di bawah kepemimpinan Bupati Amin dan Wakil Bupati Hj. Yuni Widyaningsih, mengukir prestasi di bidang kebersihan lingkungan dengan diperolehnya penghargaan Adipura.

Penghargaan tertinggi yang didapat Kabupaten Ponorogo ini masuk dalam kategori kota kecil. Bupati Ponorogo, Amin pada hari Senin, 10 Juni 2013 menerima langsung penghargaan tersebut di Jakarta yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala bagian Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo  Didik Setiyawan,  menyatakan bahwasannya Adipura ini diraih bukan secara tiba-tiba, perlu upaya sejak setahun yang lalu dengan menata kebersihan dan keindahan dikawasan kota tanpa terkecuali baik itu penataan pedagang kaki lima dengan penerapan batas operasional PKL di waktu siang, membersihkan drainase dan bersih-bersih di sejumlah pusat layanan publik.

Menurut rencana piala Adipura ini akan diarak keliling kota sehingga diharapkan muncul kebanggaan warga Ponorogo karena kotanya bersih dan indah sehingga nantinya muncul kesadaran untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan masing-masing. (MUH NURCHOLIS)