PONOROGO – Upaya Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur untuk selalu memberi kesempatan kepada generasi muda, khususnya kaum perempuan di seluruh wilayah Jawa Timur terus diupayakan. Salah satunya dilakukan dengan memberi pelatihan batik tulis kepada kaum perempuan di Desa Pohijo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.
Pelatihan dilaksanakan di rumah mantan Kepala Desa Pohijo, Sugijanto mulai pertengahan Nopember hingga Desember nanti. “Alhamdulillah kaum perempuan di desa kami mendapat pelatihan betik tulis dari Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur,” ujar Ibu Iva Tri Agustina, salah satu tokoh perempuan Desa Pohijo.
Secara terpisah Camat Sampung, Fadhlal mengaku bangga dan bersyukur Pemerintah Provinsi Jatim memberikan pelatihan batik tulis kepada kaum perempuan di wilayah yang ia pimpin. “Pokoknya kami menyambut baik untuk peningkatan kewirausahaan bagi masyarakat melalui pelatihan batik tulis ini,” tutur Fadhlal, Selasa (22/11) disela-sela meninjau pelatihan batu tulis di Desa Pohijo.
Dia berharap kedepan Pemprov Jawa Timur memberi pelatihan-pelatihan ketrampilan kepada masyarakat secara gratis, seperti yang dilaksanakan di Desa Pohijo tersebut. “Kalau perlu jenis pelatihan ditingkatkan lagi, bukan hanya batik tulis, bisa ditambah materi yang lain,” paparnya.
Lebih lanjut, dia menambahkan kegiatan pelatihan dilaksanakan secara berkesinambungan. “Kalau perlu diwaktu-waktu yang akan datang tidak cuma ini saja. Mungkin tentang disain, teknik marketing pemasaran dan lainnya,” jelasnya. (mnc)