PONOROGO – Proses perhitungan manual hasil pencoblosan Pilgub Jatim 2013 di wilayah Ponorogo tuntas dilakukan. Hasilnya, pasangan KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) keluar sebagai pemenang. Pasangan KarSa meraih total 249.299 suara. Hasil rekapitulasi manual itu juga menyebutkan pasangan KarSa menjadi jawara di 21 kecamatan yang ada di bumi reyog.

Posisi kedua ditempati pasangan BerKah dengan perolehan 131.094 suara. Selanjutnya  Bangsa (Bambang-Said)  yang digadang-gadang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hanya menduduki peringkat ketiga. Perolehan suara paling buncit diduduki pasangan calon Eggi-Sihat (Beres)  dengan perolehan 10.181 suara.

Sementara itu, dari 450.315 suara yang telah dicoblos, didapati 12.274 suara tidak sah dan 438.041 suara sah. Perhitungan manual yang digelar di gedung Sasana Praja Ponorogo tersebut, selain dihadiri semua PPK dan anggota KPU Kabupaten Ponorogo juga disaksikan seluruh anggota Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan dan Panwas Kabupaten Ponorogo, Wakil Bupati Yuni Widyaningsih, Kapolres AKBP Iwan Kurniawan dan perwakilan dari Kodim 0802 Ponorogo. Juga hadir saksi dari semua pasangan calon.

Ditemui usai perhitungan manual, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo, Fatchul Azis mengatakan, seluruh proses perhitungan berjalan lancar dan aman. “Hari ini (Selasa) kita telah menyelesaikan tahapan perhitungan manual sekaligus rapat pleno, dan alhamdulillah tidak ada masalah yang timbul. Semua lancar-lancar saja dan disetujui oleh semua saksi serta tim pemenangan,” ucap Azis, Selasa (3/9).

Sementara terkait dengan tingkat kehadiran pemilih, Azis menjelaskan, untuk Ponorogo termasuk bagus yaitu mencapai 61%. “untuk Ponorogo termasuk bagus dalam tingkat kehadiran, yaitu mencapai 61% dan ini bila dibandingankan dengan kota-kota lain di Jawa Timur juga termasuk lumayan baik,” pungkasnya. (MUH NURCHOLIS)