PACITAN-Sudah sepantasnya jika kabupaten Pacitan menyandang sebagai kota wisata. Beragam obyek wisata tersebar dihampir semua wilayah, baik wisata alam, wisata minat khusus hingga wisata sejarah
Salah satu potensi pariwisata yang kini giat dikembangkan adalah wisata air. Setelah sukses menjadikan kali Maron di Desa Dersono menjadi tujuan wisata kini muncul lagi destinasi baru. Masih dikecamatan Pringkuku, Kali Barong yang berada di Dusun Barong Desa Candi menjelma menjadi wisata air berikutnya.
Meski tidak sepanjang dan selebar kali Maron namun wisata air kali Barong tak kalah mengasyikan. Untuk wahana air ada perahu-perahu kecil, sepeda air serta pertunjukan seni musik (air) ciblon. Tidak hanya itu, oleh pemerintah desa setempat, kali Barong juga dijadikan sebagai pusat budidaya ikan nila.
“Ini butuh peran semua pihak, terutama tekad yang kuat dari warga menjadikan sungai ini sebagai tujuan wisata,” kata Bupati Indartato saat tilik warga ke desa Candi, (19/01).
Bupati minta, masyarakat setempat menjaga kebersihan dan kelestarian sungai barong. Jika hal itu terwujud maka tidak hanya pariwisata namun juga baik untuk perikanan dan pertanian. Terkait persoalan infrastruktur jalan Bupati Indartato akan terus berusaha.
Selain mengunjungi wisata air kali Barong, Bupati bersama rombongan juga melakukan aksi tanam pohon trembesi untuk perlindungan sumber air serta pelepasan benih ikan nila disepanjang sungai Barong.(frend)