Pacitan – Kabupaten Pacitan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Pertanggung Jawaban Keuangan Tahun 2011. Opini tertinggi dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu diraih untuk ke-dua kalinya setelah tahun sebelumnya, Kabupaten Pacitan juga berhasil menggondol supremasi tertinggi bidang piñata usahaan keuangan tersebut.

 

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, keberhasilan Kabupaten 1001 Goa mendapatkan penilaian bergengsi ini tidak lepas dari peranserta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada dibawah koordinasi Sekretaris Daerah. Tentu saja, lanjut bupati, koordinasi serta kerjasama yang baik menghasilkan akuntabilitas tinggi dalam hal administrasi.

 

Menurut Indartato, bagi pemerintah daerah penggunaan anggaran pembangunan harus dipertanggungjawabkan kepada sejumlah pihak. Selain kepada DPRD maupun pemerintahan yang lebih atas, akuntabilitas dan transparansi keuangan dan pembangunan juga harus diketahui masyarakat luas. Penghargaan yang diserah terimakan di Surabaya tersebut merupakan salah satu bukti pelaksanaan administrasi selama ini sudah sesuai ketentuan.

 

Meski berhasil meraih opini tertinggi, namun pesan Bupati Indartato, bukan berarti SKPD harus berhenti bekerja keras. Justru sebaliknya, tantangan berat di depan mata. Yakni untuk tetap mempertahankan predikat tersebut di masa yang akan datang. Caranya, dengan selalu menjunjung tinggi akuntabilitas dan transparansi dalam setiap kegiatan.

Pur/pacitankab.go.id