Pacitan (edhiebaskoro.com)- Menjelang puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Pacitan Ke-269, serentak akan digelar Wayang Kulit semalam suntuk di 12 Kecamatan, Selasa (18/2) malam.
Kegiatan ini selain untuk memeriahkan rangkaian hari jadi juga diharapkan mampu menggugah kepedulian masyarakat terhadap seni budaya adhiluhung warisan nenek moyang.
“Saya mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Pacitan ke-269 semoga masyarakat Pacitan semakin maju, guyup rukun damai dan sejahtera,” tukas Sekjen DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono.
Politisi yang akrap disapa Ibas ini menambahkan, gelaran wayangan ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap eksistensi pelestarian seni budaya. “Nilai-nilai subtansi yang terkandung dalam penuturan, khususnya pesan-pesan etis, estetis, filosofis, dan logis yang ditawarkan, jika dikaji secara seksama, khususnya mengenai pesan-pesan moral dan norma, diaplikasikan dalam prilaku sehari-hari, tentu bermanfaat bagi kehidupan, khususnya untuk memperkokoh jatidiri dan karakter Bangsa Indonesia.,” tukas Ibas.
Sebagai bentuk apresiasinya dalam gelaran wayangan ini, Ibas juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat di 12 kecamatan.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Pacitan, H. Indartato menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian EBY kepada masyarakat Pacitan. “Semoga peristiwa seperti ini akan terus berlanjut. Saya sangat optimistis, masyarakat Pacitan sangat merindukan kehadiran Mas Ibas setiap waktu. Mungkin dengan bantuan seperangkat kompor gas, bisa menjadi obat penawar rindu,” ujar Indartato, seraya berkelakar.
Sementara itu Koordinator Kabupaten Griya Aspirasi EBY, Kabupaten Pacitan, Hery Purnomo mengatakan, bantuan seperangkat kompor gas tersebut akan disalurkan di 12 kecamatan di Pacitan. Tidak ada maksud tertentu dibalik kegiatan tersebut. Semata-mata hanya sebagai tanda tali silaturahmi antara EBY dengan warga Pacitan. “Sehingga Hari Jadi Pacitan, akan lebih meriah lagi,” tuturnya, disela-sela kegiatan pembagian kompor gas.
Lebih lanjut, politisi berbasis seniman ini mengungkapkan, seiring momentum HUT Pacitan ke-269, masyarakat diharapkan lebih mempererat tali persaudaraan. Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya. Yang terpenting, kata Hery, tetap jaga persatuan, tingkatkan semangat kebersamaan demi Pacitan yang lebih baik. “Selamat Hari Jadi Pacitan ke-269. Mari songsong Pacitan yang lebih maju, dengan semangat kebersamaan. Bersama kita bisa,” tandasnya.(yun)