JAKARTA– Menurut SBY di Ulang Tahun Partai Demokrat ke-17, Senin (17/9/2018). Esensi dari politik yang beradab adalah adanya kekuasaan yang amanah dan  tidak  korup, terjaminnya hak-hak politik rakyat termasuk kebebasan berbicara seperti demokrasi yang tertib, tidak anarkis dan taat pada pranata hukum dan  pers yang merdeka juga bertanggung jawab

Menjelang pemilihan umum 2019, politik akan makin memanas. Banyak godaan dan ujian yang akan dihadapi. Negara kembali akan diuji apakah Pemilu 2019 ini dapat berlangsung secara damai, adil dan demokratis (Peaceful, free and fair election). Kita akan diuji, apakah untuk meraih kemenangan dalam pemilu, ada yang tergoda menghalalkan segala cara. Termasuk menyalahgunakan kekuasaan, melanggar Undang-Undang serta menghalang-halangi pihak lain untuk menjalankan kampanye pemilu yang semestinya.

Kita akan diuji apakah pemilu ini bisa mencegah politik uang (money politics) yang makin menjadi-jadi. Demokrasi akan runtuh dan rakyat akan dikebiri manakala uang menjadi penentu segala-galanya. Kita akan diuji apakah pemilu ini bebas dari intimidasi yang akan mengganggu kedaulatan rakyat untuk menjatuhkan pilihannya. Kekuatan (power) yangg dmiliki oleh siapapun tidak boleh untuk mengintimidasi dan memaksa seseorang agar memilih kandidat atau partai politik tertentu.

Kita akan diuji apakah politik identitas (Political Identity) yang melebihi takarannya akan dimainkan oleh para kandidat dan parpol peserta pemilu. Jika itu secara membabi buta dijadikan ‘penentu’ untuk memilih seseorang atau parpol tertentu, demokrasi kita akan mundur jauh ke belakang. Kita akan diuji apakah pers dan media massa bisa bertindak adil dan memberikan ruang yang berimbang bagi para kandidat dan kontestan peserta pemilu. Jangan sampai media massa tidak independen dan berimbang lantaran tekanan pemilik modal dan pihak-pihak tertentu.

Dan kita juga akan diuji, apakah perangkat negara termasuk intelijen, kepolisian dan  militer netral dan tidak berpihak. TNI, Polri dan  BIN adalah milik negara, milik rakyat Indonesia. Akan mencederai sumpah dan etikanya kalau aparat negara tidak  netral.

 

#PidatoPolitikSBYS14P