PONOROGO – Kerusakan ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Ponorogo menuju Trenggalek, tepatnya mulai Lampu Merah Dengok, Desa Madusari, Kecamatan Siman menuju  Kecamatan Jetis, Sambit, Sawoo hingga perbatasan Kabupaten Trenggalek saat ini sedang diperbaiki titik-titik ruas jalan yang berlubang dan rusak oleh Dinas Pekerjaan Umum Jawa Timur melalui kegiatan pemeliharaan.

Pantauan di lapangan, kegiatan pemeliharaan ruas jalan provinsi di jalur Ponorogo-Trenggalek dengan sistem pekerjaan tambal sulam di titik ruas jalan yang berlubang dan rusak. Namun, terlihat perbaikan titik jalan provinsi yang rusak,  hingga Kamis (21/3) masih berlangsung. Meski tambal sulam, pekerjaan pemeliharaan ruas jalan yang dilakukan provinsi itu, disambut gembira oleh masyarakat  setempat termasuk pengguna jalan yang melintasi ruas jalan provinsi di  wilayah  tersebut.

‘’Meski kegiatan tambal sulam di titik ruas jalan provinsi yang rusak mulai dari Ponorogo-Perbatasan Trenggalek, setidaknya dapat mengurangi risiko lakalantas di titik ruas jalan provinsi yang selama ini rusak. Sudah seharusnya Provinsi Jawa Timur untuk melakukan peningkatan jalan provinsi di Bumi Reyog, yang tinggi mobilitasnya,’’ ujar  Muhammad Yani,  warga  Dukuh Mejasem, Desa Madusari, Kecamatan Siman di sela-sela menyaksikan alat berat bekerja memperbaiki kerusakan jalan provinsi di Ponorogo.

Dia menambahkan, dengan telah diperbaikinya titik jalan yang rusak di ruas jalan provinsi, arus lalu lintas lancar, meski masih dalam pengerasan.  ‘’Sudah sewajarnya Pemprov Jawa Timur memperhatikan kerusakan ruas jalan provinsi di  Kabupaten Ponorogo, yang selama ini kurang mendapatkan perhatian. Antisipasi kerusakan jalan provinsi, kita minta petugas  DLLAJR atau Dinas Perhubungan menindak kelebihan muatan lebih pada angkutan produksi perusahaan yang melintasi jalan provinsi,’’ pintanya.

Dia juga mengaku bersyukur dengan perbaikan jalan yang melintasi desanya tersebut. ‘’Kita mengucapkan terima kasih kepada Dinas PU Jawa Timur yang telah memperhatikan kerusakan ruas jalan provinsi di Ponorogo,” tutupnya. Muh. Nurcholis