Magetan- Hujan deras yang terjadi dalam sepekan ini membuat Jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Magetan putus setelah, tebing setinggi 15 meter yang ada di Desa Randu Gede, Kecamatan Plaosan, Kabupaten setempat, longsor dan menutup badan jalan.

Kepala Desa Randu Gede, Bejo, mengatakan, akses jalan yang terputus adalah jalan yang menuju Desa Randu Gede, Kecamatan Plaosan, Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol, dan Desa Selotinatah, Kecamatan Ngariboyo.

“Akses jalan di ketiga desa antar kecamatan tersebut untuk menuju ke Kota Magetan tertutup material longsoran. Hingga siang ini, warga masih bergotong-royong membersihkan material longsoran,” ujarnya, Kamis (11/4/2013).

Bejo menambahkan, longsornya tebing tersebut disebabkan karena curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan setempat sejak beberapa hari terakhir. Sehingga membuat tanah tebing menjadi gembur.

Beruntung saat tebing longsor tidak ada pengguna jalan yang sedang melintas, sehingga tidak ada korban dalam peristiwa bencana alam tersebut. “Untung saat kejadian tidak ada orang yang tengah melintas. Dan kami juga sudah melaporkan hal ini ke Pemkab namun masih belum ada tindak lanjut,” kata Bejo.

Sementara, data Bakesbangpolinmas Kabupaten Magetan mencatat, daerah rawan longsor di wilayah setempat berada di kecamatan yang terletak di lereng Gunung Lawu. Yakni, Kecamatan Plaosan, Poncol, Panekan, dan Parang.

Sebelumnya, bencana tanah longsor juga menimpa dua rumah warga di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, pada Januari 2013 lalu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah korban mengalami kerusakan cukup parah. Maksum