Magetan- Hujan deras yang mengguyur Magetan, khususnya wilayah Kecamatan Poncol beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah wilayah di kecamatan ini, diterjang longsor.

 Tercatat. dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, sedikitnya ada 3 titik lokasi longsor di kawasan ini, yakni Talud Pondasi Rumah setinggi 5 meter milik Samsuri (70) warga Rt 17 / Rw 03 Dukuh Dagung Desa Gonggang Kecamatan Poncol yang ambrol dan menimpa rumah milik Yatno (50), ambrolnya pondasi rumah  milik Warno (70) warga Dukuh/Desa Poncol Rt 23 Rw 7 Kecamatan Poncol ambrol,  dan longsornya teras rumah milik Sarni (60) warga dukuh Geneng Rt  07 Rw  01 desa Gonggang Kecamatan Poncol.

 Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materil akibat kejadian ii ditaksir hingga Rp 35 juta.

 Salah satu korban, Samsuri mengatakan. Kejadian berawal dari hujan deras yang mengguyur kawasan ini sejak siang hari kemarin, tiba tiba sekitar pukul 18.00 sore, ia mendengar suara gemuruh dan rumah bergoyang hebat, saat dilihat ternyata talud pondasi bagian kiri rumahnya , longsor sepanjang 4 meter.” Kemarin sore jam 18.00 kejadianya, saat itu saya sedang lihat TV, terus keluar dan lihat talud bagian kiri sudah longsor.” Ujarnya.

 Senada dengan Samsuri, Warno yang pondasinya juga ambrol sekitar pukul 07.00 Senin Pagi, mengungkapkan. Warga dibantu petugas Koramil dan Polsek Poncol melakukan kerja bakti untuk mengevakuasi matrial longsor dan membuat talud sementara dari sak berisikan pasir.” Tadi sudah warga dan pak polisi dan tentara sudah bantu evakuasi longsoran, sekalian dibuat talud sementara,” ujarnya.

Kepala BPBD Magetan Agung Lewis mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim SAR BPBD Magetan, untuk memantau sejumlah titik di wilayah ini, sementara itu hingga kini matrial longsoran sendiri telah dibersihkan. Diharapkan agar masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan khususnya di Kecamatan Poncol, untuk waspada akan ancaman bencana longsor.

 “ Saat ini matrial longsor sudah dibersihkan, dan tim SAR kami sudah stand by di kecamatan Poncol untuk memantau kondisi disana. Warga juga diminta waspada melihat tingginya intensitas hujan di kawasan Magetan,” ujarnya(M KHOIRI)