PACITAN– Semakin digjayanya media sosial sebagai kebutuhan pokok bagi kaum milenial untuk hidup saat ini, membuat anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas ajak anak-anak muda memakai media sosial bukan Cuma ajang narsis semata, tetapi juga menggunakannya untuk memberdayakan ekonomi kreatif, juga menggunakan media sosial untuk hal positif.

Hadir dalam acara nongkrong bareng tersebut berbagai komunitas anak muda seperti Komunitas Elang Biru, Komunitas Kelinci Pacitan, Komunitas Seni, Karang Taruna, Komunitas Kucing, PELITA, Komunitas Tas Batik, Kicau Mania, P2T, Blazer Indonesia Club (BIC), Zebra Ekspas Club, HSFCI, Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), komunitas PPA, bidikmisi, Pokdarwis, Bloger, Selebgram, PETUPA, dan Komunitas Pelukis Pacitan.

Ibas mengatakan keunggulan Kids jaman Now disbanding Kids jaman Old berbeda, anak sekarang tidak bisa lepas dari gadget akan tetapi gadger masih identik dengan efek buruknya, Ibas mengajak anak muda untuk melakukan hal yang berguna dengan gadget. “Seringkali diidentikan hal-hal yang negatif, hanya terpaku di handphone, kurang peka dengan lingkungan sekitar, dll. Namun, apakah benar demikian?, saya yakin banyak yang hadir disini sudah lebih maju, ayo kita manfaatkan gadget untuk hal yang berguna dan meningkatkan ekonomi kreatif,” ajaknya Kamis (15/11/2018) di Cangkir Café pacitan Jawa Timur.

Mungkin benar, lanjut Ibas anak jaman now tidka bisa lepas dari gadget, tapi bukan sebuah kesalahan jika dimanfaatkan untuk menghasilkan karya positif yang bisa dinikmati banyak orang. “Mungkin benar kita sering bermain handphone, tapi mereka tidak tahu kalau pemuda itu sedang posting endorse-an di instagram, kepo berita lewat detik.com, transaksi bisnis di e-commerce, atau juga trading saham? Semua itu bisa dilakukan dengan bermodalkan jempol dan HP. Bahkan bermain games saja bisa menghasilkan uang dari hasil gamesnya itu, sebut saja Jess No Limit,” ujarnya.

Melek teknologi, dikatakan Ibas akan menginspirasi jika dorongan rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar dari setiap individu diiringi niat baik untuk mencerdaskan bangsa melalui teknologi tersebut. “Melek teknologi, rasa kepo yang tinggi, berani menghadapi tantangan, itulah sifat-sifat positif yang harus disadari dan dijadikan keunggulan bagi generasi-generasi muda millenial sebagai penerus bangsa,” ujarnya.

Karakter millennials, kata Ibas memiliki tingkat orientasi kewirausahaan yang tinggi, banyak anak muda yang sudah menjuarai pasar e-commerce saat ini. “karakter anak muda sangat menguntungkan,  dimana hal ini dapat secara positif mempengaruhi kinerja UMKM atau start- ups yang secara tidak langsung membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penciptaan lapangan pekerjaan dan iklim usaha yang kondusif,” katanya.

Selebgram Pacitan Riko Matrais mengungkapkan majunya ekonomi kreatif di Pacitan saat ini tak lepas dari dukungan Ibas. “Kami sangat bersyukur sebagai warga Pacitan bersyukur memiliki Mas Ibas sebagai wakil rakyat dari daerah kami, ucapan mas Ibas sangat mengena terutama dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui sosial media, masukan dan dukungan mas Ibas sangat berguna bagi kami, kami berdoa semoga mas Ibas selalu sukses dan maju, amin, ” ujar dia.