Rabu, 20 September 2017

BERANDA | PROFIL | BERITA MAS IBAS | FOTO | VIDEO | KARIKATUR | SINERGIS | DAPIL VII JAWA TIMUR | PARTAI DEMOKRAT | FRAKSI PD DPR-RI | TESTIMONIAL

Untitled Document

Ruang Informasi

13 Maret 2017

Ibas Dorong Pelestarian Seni Budaya Lokal Lewat Parade Reog



Ponorogo - Parade 20 dadak merak kesenian Reyog Ponorogo menyambut kehadiran rombongan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas yang diwakili oleh Koordinator Tim EBY, David Christian Bojoh, Minggu (13/3/2017) di Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

David didampingi langsung oleh Wakil Ketua DPRD Ponorogo, H. Miseri Efendi dan Pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur, H. Sugiri Sancoko. Kedatangan rombongan juga disambut Muspika Pulung dan Kepala Desa se-Kecamatan Pulung serta ribuan warga yang memadati lapangan Desa Plunturan. David sempat melihat UMKM Pengrajin Dadak merak Reyog Ponorogo serta bersilaturahmi kepada sesepuh Desa Plunturan.

Sebelumnya, rombongan Tim EBY melalukan silaturahim dengan Mba Bikan Gondowiyono, sesepuh dan pelestari Reog Ponorogo. Pada kesempatan ini, rombongan juga turut diterima oleh Kades setempat dan menyampaikan apresiasi atas niat rombongan mengunjungi Desa Plunturan. "Semoga kedatangan rombongan Mas Ibas bisa menjadibberkah bagi warga kami," ujar Bintoro.

Selain bersilaturahim dengan pelestari seni, rombongan juga meninjau proses pembuatan Dadak Merak yang dilakukan perajin Reog Mba Gani. Dalam peninjauan ini, Mba Gani berkeluh bahwa produksi dadak merak yang sudah puluhan tahun dilakoninya mengalami pasang surut. "Alhamdulillah, kami masih terus bertahan, berkarya dan eksis di tengah-tengah tantangan zaman dewasa ini," ujarnya.

Sementara, David Christian menyampaikan dorongan dari Mas Ibas sebagai Anggota Dewan yang ditugaskan di bidang seni dan budaya agar para pelaku dan perajin seni budaya bisa terus eksis dan produktif. "Kedatangan rombongan dalam acara gelar budaya ini adalah wujud konkrit keseriusan Mas Ibas untuk melestarikan seni dan  budaya lokal daerah," ujar David.

Ditambahkannya, perluh ada dorongan serius dari semua pihak agar seni dan budaya daerah bisa terus tumbuh dan berkembang di tengah-tengah tantangan perubahan zaman yang semakin modern. "Mas Ibas terus mendorong segala upaya apa pun mulai yang terkecil seperti menjadi penonton pagelaran sampai upaya mengawal program sebi dan budaya pemerintah pusat agar pelestarian budaya lokal terus berlanjut," tambahnya.

Saat tiba di lokasi gelar budaya, silih berganti kesenian tradisional ditampilkan dalam penyambutan rombongan Tim EBY dan jajaran Partai Demokrat serta Relawan EBY di Desa Plunturan. Selain Reyog Ponorogo juga ditampilkan Seni Jaranan Thek, Kucing-Kucingan, Gajah-Gajahan, Tari-Tarian dan sebagainya. “Sungguh luar biasa, masyarakat Desa Plunturan dalam melestarikan seni budaya tradisional ini. Semua terlibat, semua mengambil peran,” kata David.

Pihaknya sangat kagum karena ribuan warga Kecamatan Pulung semangat hadir di lokasi pentas kesenian Desa Plunturan. “Kesenian ini adalah kekayaan dan khasanah bangsa Indonesia yang harus dijaga, dilestarikan bersama,” tambahnya.



Berita Lainnya:


Ibas Distribusikan Daging Qurban di Dapil VII Jatim


EBY Dorong Industri Kreatif Indonesia Terus Maju di Luar Negeri


Ibas : Refleksi Ramadhan, PD Pertegas Manifesto Soal Pancasila dan Kebhinekaan


Lestarikan Budaya Jawa, Mas Ibas Gelar Ketoprak Humor


Ibas Ajak Elemen Bangsa Jaga Keutuhan NKRI
 




Copyright © Edhie Baskoro Yudhoyono - 2017