Jakarta – Edhie Baskoro Yudhoyono yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Olahraga Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKPPI) mengatakan bahwa kegiatan Independence Day Run “Semangat 17/8” Untuk Merah Putih merupakan ‘special tribute‘ untuk para pejuang kemerdekaan. “Independence Day Run dapat diakatakan salah satu bentuk special tribute untuk para pejuang kemerdekaan. Lihat saja, antusias peserta dan semangatya sangat besar dalam menyambut kemerdekaan yang telah diraih para pejuang-pejuang kita terdahulu”. Ujar Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono.

 

Penyelenggaraan kegiatan Independence Day Run “Semangat 17/8” Untuk Merah Putih dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68. Independence Day Run “Semangat 17/8” Untuk Merah Putih ini merupakan kegiatan olahraga lari dengan jarak 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K) yang diikuti oleh sekitar 45.000 peserta. Angka ini melambangkan tanggal 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada 25 Agustus 2013 dan dimulai sejak pukul 06.00 WIB dari depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya, Monas, Jakarta.

 

Dalam acara ini tampak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berkenan untuk membuka acara dengan mengibaskan bendera tanda dimulainya lomba lari. Kemudian, Presiden Yudhoyono turut bergabung dengan peserta dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono serta Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.