Pacitan – Sekjen Partai Demokrat, Edhie baskoro Yudhoyono atau yang biasa disapa Ibas, memberikan 50.000 bibit Sengon dan Jabon kepada kelompok tani di desa Bangunsari Kecamatan Pacitan, kabupaten Pacitan sabtu (14/7). Bibit Sengon dan Jambon dipilih karena kayu Sengon dan Jabon dinilai memiliki prospek pasar yang cukup tinggi.

 

Ibas menjelaskan bahwa sebagai salah satu negara yang memiliki hutan tropika basah terluas ketiga di dunia selain Brasil dan Zaire, Indonesia dianugerahi keanekaragaman hayati yang tinggi. Kebutuhan kayu dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun, sementara hutan di Indonesia semakin krisis. Solusinya adalah budidaya pohon Sengon dan Jabon. Jabon tergolong pohon cepat tumbuh, mudah beradaptasi di segala tipe tanah dengan teknik budidaya mudah dan telah diketahui. “Tempat tumbuh tidak terbatas dari dataran rendah hingga dataran tinggi, Hal ini cocok dengan Topografi Pacitan 80% terdiri dari pegunungan dan bukit” ungkap Ibas.

 

Selama ini Pacitan memiliki 3-4 pabrik pengolah kayu Sengon, dibandingkan dengan Kabupaten Lumajang yang memiliki 10 pabrik pengolah kayu Sengon. Dengan pemberian bibit ini maka dapat menjadikan Pacitan tidak hanya sebagai penghasil kayu Sengon tapi juga sebagai pusat pengolahan kayu Sengon dan Jabon di Jawa Timur.

 

Ibas mengatakan, “dengan pemberian bibit kayu Sengon dan Jabon ini, saya berharap untuk kedepannya, usaha ini akan menjadi mata pencaharian baru serta menjadi sumber pendapatan baru bagi Kabupaten Pacitan. Pada akhirnya komoditas kayu Sengon dan Jabon ini dapat membuka peluang usaha dan mengundang minat investor baik investor lokal maupun asing.”

 

Dalam kesempatan ini juga, Ibas turut memberikan 115 handsprayer pestisida dan 12 Ton Benih padi serta 10 Mist blowing sprayer, kepada Gapoktan di Pacitan.