Semarang – Anggota Komisi 10 DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas mendorong sektor pariwisata berbasis potensi lokal daerah harus terus dikembangkan dan dipromosikan. Hal ini disampaikan Ibas saat kunjungan kerja spesifik bersama Komisi X DPR RI di Semarang, Jumat (22/7). “Objek Wisata Semarang dikenal unik dan beragam, ada Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Pagoda Buddhagaya Watugong, Museum Rekor Indonesia, Candi Gedong Songo, Masjid Agung, Gereja Blenduk dan masih banyak destinasi favorit lainnya.  Jadi, Pengembangan sarana prasarana dan promosi secara berkelanjutan merupakan dua agenda penting untuk mendorong sektor pariwisata kita, khususnya di daerah-daerah semakin maju,” ujar Ibas sekaligus mendorong penguatan program Kemenpar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Indonesia.
Ibas melanjutkan, sektor pariwisata nasional saat ini masih memiliki potensi yang besar menjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat sekaligus sumber pendapatan negara. Oleh sebab itu, lanjut Ketua Fraksi FPD ini, segala upaya menyangkut pengembangan sektor pariwisata harus terus diagendakan.  
“Di Semarang Jawa Tengah juga ada Waduk Jatibarang, selain untuk mengatasi masalah banjir di wilaya sekitar, waduk ini juga bisa menjadi satu alternative destinasi wisata yang baru. Potensi wisatawan domestik kita terbuka sangat lebar, dengan ide-ide kreatif dari masyarakat sekitar seperti penawaran paket wisata waduk, objek wisata sekita waduk, out bond and adventure tentu dapat menjadi daya tarik tersendiri. Di tengah tengah waduk ini juga masih terjaga Gua Kreo dengan kera-kera yang ada, ini hal yang menarik,” ungkap Ibas.
Ibas juga melanjutkan, masih terdapat objek wisata unggulan di Semarang yang bisa menjadi berpeluang besar meraih minat wisatawan mancanegara. “Sekali lagi, keunikan objek wisata kita yang penuh keberagaman adalah nilai tambah yang dapat kita andalkan untuk menarik minat wisatawan. Ada Candi Gedong Songo dengan Sembilan bangunan candi yang tersebar di komplek kawasan wisata alam di lereng Gunung Ungaran yang begitu luas dan mempesona. Ada Lawang Sewu, bangunan bersejarah peninggalan jaman Belanda yang telah dipugar kokoh, indah, eksotis dan bersejarah yang konon memiliki seribu pintu,” tambah wakil rakyat asal Dapil VII Jatim ini.
Goa Kreo merupakan Wisata alam dan sejarah di Kota Semarang. Berlokasi di atas bukit, Goa Kreo seolah menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk empat koloni monyet. Berpadu dengan Waduk Jatibarang yang selesai dibangun pada tahun 2013, Goa Kreo tidak hanya menjadi wisata alam yang menyediakan pemandangan landscape perbukitan dan pohon, akan tetapi juga perpaduan air dan bumi.
Dalam Kunjungan Kerja spesifik Komisi X DPR RI ke Semarang, selain berkunjung ke Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, rombongan juga akan mengunjungi Gedong Songo, Masjid Agung Jawa Tengah, Sam Poo Kong, dan Kota Lama.