Jakarta – Anggota Komisi 10 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang biasa disapa Ibas menegaskan pelaksanaan ujian nasional di sekolah-sekolah harus sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) agar seluruh sekolah penyelenggara ujian nasional memiliki persiapan maksimal dan hasil ujian nasional yang berkualitas. 

 

Hal ini dikatakan Ibas di sela kunjungan Komisi 10 DPR RI di Provinsi Jambi untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Proses pelaksanaan ujian nasional harus benar-benar sesuai Prosedur Operasional Standar agar seluruh sekolah siap dan hasilnya berkualitas,” terang Ibas di sela peninjauan sekolah di Jambi, Jumat 30/01/2015.

 

Ibas menjelaskan bahwa kunjungan Komisi 10 DPR RI ini ditujukan untuk melihat secara langsung persiapan ujian nasional serta memperoleh data dan informasi di lapangan yang faktual. “Kemendikbud telah menetapkan UN untuk SMA akan dilaksanakan pada 13-15 April 2015. Sedangkan UN SMP akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015. Untuk itu, Komisi 10 DPR RI harus melihat secara langsung sejauhmana persiapan di lapangan. Kita juga berharap pihak sekolah penyelenggara UN bisa maksimal, khususnya para pelajar yang akan mengikuti ujian bisa belajar maksimal dan memperoleh hasil kelulusan yang bermutu,” tambah Ketua Fraksi PD DPR RI ini.

 

Kunker Komisi X DPR RI itu didampingi Gubernur dan Ketua DPRD Jambi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi beserta Kepala Dinas Kabupaten/kota se-provinsi Jambi, tokoh adat serta perwakilan guru di wilayah setempat.