JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, merasa optimis tahun 2014 akan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat sistem demokrasi Indonesia. “Saya optimis, pemilu 2014 akan berjalan lancar dan menjadi momentum yang baik untuk memperkuat dan menunkukkan kepada dunia internasional bahwa sistem demokrasi RI semakin berkualitas,” terang Ibas di Jakarta.

Ibas juga memprediksi  pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2014, akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun Ibas, sapaan akrab putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, merasa optimistis kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2014 dapat stabil seperti tahun ini yang berada pada kisaran 5,6-5,8 persen.

”Melihat tren perekonomian global dan pelaksanaan pesta demokrasi mendatang memang ada kecenderungan menurun seperti saat ini. Namun saya optimis pertumbuhan ekonomi pada 2014 akan mencapai angka enam persen sesuai asumsi makro APBN 2014, atau lebih tinggi dari proyeksi Bank Dunia yang hanya memperkirakan 5,3 persen,” kata politisi muda ini.

Untuk itu, sambung Ibas, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat dan elite partai politik untuk saling menyatukan tekad agar pesta demokrasi yang akan digelar tahun depan dapat berjalan dengan aman dan tertib. “Karena sudah menjadi kewajiban kita semua bangsa Indonesia, untuk terus menjaga proses demokrasi sesuai dengan yang kita inginkan bersama. Pesta Demokrasi berjalan sesuai dengan relnya, tanpa harus mengganggu sektor-sektor lainnya, terutama ekonomi dan keamanan,” tandasnya.

Ibas berharap, masyarakat juga bisa berpartisipasi ikut mengawal berbagai kegiatan politik agar agenda reformasi sesuai arah yang diinginkan. “Begitu juga dengan elite politik, khususnya para  calon legislatif di semua tingkatan dan calon presiden nantinya, harus mampu menjawab berbagai persoalan terkait sistem reformasi yang dianut Indonesia. Hal itu penting agar ekonomi Indonesia tumbuh secara berkesinambungan. Mari kita terus bangun dan tingkatkan komitmen untuk bersama-sama menjaga arah agenda reformasi dapat menopang pertumbuhan perekonomian RI agar rakyat semakin sejahtera”, tutup Ibas optimis.