Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono yang akrab disapa Ibas menegaskan wacana calon presiden 2014 yang kini tengah marak diberitakan melalui media massa belum menjadi agenda pembahasan di internal Demokrat. “Bagi Partai Demokrat, paling cepat tahun 2013 isu ini akan dibahas secara khusus di internal Partai Demokrat,” tegas politisi muda ini.

 

Menurut Ibas, saat ini pihaknya tidak tergesa-gesa untuk mengeluarkan nama capres atau cawapres yang akan diusung Partai Demokrat. “Presiden SBY sebagai pendiri dan kader Partai Demokrat masih berkosentrasi menjalankan pemerintahan sampai 2014. Untuk itu, seluruh kader Demokrat memprioritaskan dan memastikan program-program prorakyat bisa terus diimplementasikan di seluruh walayah Indoneisa. Yang dibutuhkan masyarakat adalah program prorakyat dan itu yang masih menjadi fokus kami Partai Demokrat saat ini,” terang Ibas.

 

Ia melanjutkan, Partai Demokrat ingin lebih fokus juga pada konsolidasi organisasi dan konsolidasi kader-kader Partai Demokrat untuk mengawal program partai dan program pemerintah di level elit partai maupun legislatif dari pusat sampai daerah. “Partai Demokrat masih menyelesaikan konsolidasi Partai melalui agenda musda di level provinsi dan kabupaten serta melaksanakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan memaksimalkan kinerja kader Partai Demokrat,” Ibas menjelaskan.

 

Terkait maraknya nama-nama capres yang beredar, Ibas mengatakan menghargai demokrasi dan kebebasan berpendapat. “Munculnya nama-nama capres yang layak merupakan sesuatu yang wajar. Tetapi khusus Partai Demokrat, ada mekanisme yang diatur dalam AD/ART Partai Demokrat, di mana majelis tinggi partai memegang peranan strategis untuk menentukan capres yang akan diusung. Ke depan Partai Demokrat akan melihat peluang dari nama-nama capres baik dari dalam Partai Demokrat maupun dari luar partai,” ungkapnya.