Pacitan – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) mengagendakan kunjungan ke Desa Gelinggangan, Kecamatan Pringkuku Pacitan, Rabu, 5/3/2014. Di desa yang terkenal sebagai sentra penghasil palawija tersebut, politisi muda itu melaksanakan kegiatan panen padi bersama masyarakat. Ibas-begitu politisi Demokrat tersebut karib disapa-menyempatkan diri turun ke sawah dengan ratusan petani sambil memanen padi yang telah menguning. Turut mendampingi Ibas, Bupati Pacitan, H. Indartato, Camat Pringkuku, Joko Suyono, Kepala Desa Gelinggangan, serta unsur Muspida serta Muspika setempat. 

 

“Bapak-bapak dan ibu-ibu kelihatan senang dan sumringah ya. Mungkin padinya sudah siap di panen. Syukur Alhamudillah, semoga ketersediaan pangan di Pacitan terus terjaga dan kesejehteraan petani terus meningkat,” ujar Ibas, disela-sela kegiatan panen raya, Rabu (5/3).

 

Lebih lanjut Ibas menjelaskan, para petani padi di Pacitan diharapkan bisa lebih bersinergi untuk merealisasikan target swasembada pangan, ketersediaan komoditas, dan stabilitas harga. Hal tersebut seiring akan datangnya musim kering pada beberapa waktu kedepan. “Paling tidak, para petani bisa berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penyediaan pompa air ketika menghadapi iklim kering,” ujarnya.

 

Ibas optimis petani padi di lahan tadah hujan seperti di Desa Gelinggangan tersebut, punya semangat tinggi dan langkah-langkah solutif dalam menghadapi persoalan iklim yang tidak menentu, termasuk kemungkinan terjadinya musim kering. “Untuk itu, ke depan, saya harap, pemerintah, khususnya dinas-dinas teknis dapat bersinergis dengan para petani mengantisipasi perubahan iklim,” harap Ibas.