Jakarta – Lingkaran Survey Indoensia (LSI) mencatat elektabiltas partai demokrat kembali menurun. Berdasarkan survey termutakhir dari Lingkaran Survey Indonesia (LSI) mencatat elektabilitas Partai Demokrat yang menang pemilu 2004 dan 2009 kini berada di angka 11,3 persen. Angka tersebut turun dari 13.7 persen pada Januari 2012 dan jauh di bawah elektabilitas pada Januari tahun lalu yang mencapai 20,5%.

 

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, atau yang sering disapa Ibas menanggapi hasil survey tersebut sebagai koreksi atas kinerja selutuh kader Partai Demokrat. “Memang tidak semua survey mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Akan tetapi bila survey ini menjadi kenyataan, artinya seluruh kader Partai Demokrat harus lebih giat lagi melakukan konsolidasi,  berupaya sekuat tenaga dan pikiran untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Partai Demokrat,” terang anggota Komisi I DPR ini.

 

Ibas juga menyampaikan pesan agar seluruh kader Partai Demokrat baik pusat maupun daerah untuk konsisten menjalankan politik yang beretika sesuai dengan arahan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu bersih, cerdas dan santun. “Etika politik terus ditegakkan sesuai arahan Ketua Wanbin bersih, cerdas dan santun. Tak henti-hentinya saya sampaikan bahwa komitmen Partai Demokrat untuk tidak bermain politik adu domba dan negatif campaign,” jelas politisi muda ini.