Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas berharap masyarakat Bali bersabar menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menentukan pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali dan tetap menjaga agar situasi tetap kondusif.

 

“Saya memberikan penghargaan kepada masyarakat Bali yang telah mendukung kedua pasangan dan telah berpartisipasi menjaga pelaksanaan Pilgub Bali berjalan dengan tertib dan lancar. Mari kita tunggu hasil perhitungan resmi oleh KPU Provinsi Bali, sambil terus menjaga bersama agar suasana tetap kondusif,” kata Ibas di Jakarta, Kamis (16/5).

 

Selain partisipasi masyarakat Bali, Ibas juga menyampaikan penghargaan kepada aparat keamanan, KPU Bali, serta masyarakat adat yang telah bekerja sama dengan baik menyukseskan pelaksanaan Pilgub Bali.

 

Politisi muda ini juga mengajak seluruh pihak yang berkompetisi di Pilgub Bali untuk menghormati hasil perhitungan dan keputusan resmi KPUD setempat.

 

“Selisih perolehan suara hasil hitung cepat (quick count) oleh lembaga survei sangat tipis sehingga belum dapat menentukan pemenangnya. Jadi, apa pun hasilnya nanti, keputusan resmi KPU harus dihormati bersama,” ungkap Ibas.

 

Ibas juga berharap, pasca pengumuman pemenang pilgub nanti, para kandidat yang berkompetisi tetap bersinergi untuk membangun Bali semakin maju.

 

“Selisih suara yang tipis ini menunjukkan bahwa pasangan kandidat Cagub dan Cawagub Bali yang berkompetisi semuanya benar-benar berkualitas dan didukung masyarakat Bali. Saya mendorong, apa pun hasilnya nanti, para kandidat terus dapat bersinergi untuk membangun dan memajukan Bali,” Ibas mengharapkan.

 

Ibas juga mendorong KPU dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan profesional, adil, objektif dan transparan, sehingga masyarakat Bali dapat menerima hasil pesta demokrasi di Bali.