Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang dikenal dengan sapaan Ibas, menghadiri acara Buka Puasa Bersama Presiden dengan Insan Pers yang terdiri dari pemimpin organisasi kewartawanan, para pemimpin redaksi media massa, wartawan senior dan wartawan Istana Kepresidenan di Istana Negara Jakarta, Selasa (31/7) kemarin.

 

Ibas, putra bungsu Presiden SBY ini tampak didampingi istrinya Siti Rubi Aliya Rajasa dengan menggunakan pakaian muslim warna senada. “Acara seperti ini perlu diadakan untuk menjalin hubungan baik dengan insan PersIndonesia, agar tercipta suatu hubungan yang bersinergi antara pemerintah dan Pers” ungkap Ibas.

 

Di dalam ruangan yang bernuansa round-table itu, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono beserta beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu II, seperti Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perindustrian MS Hidayat turut hadir dalam acara ini. Terlihat pula Prof. Dr. H. Arief Rachman yang dikenal sebagai salah seorang tokoh pendidikan di Indonesia diperkenankan untuk memberikan ceramah Ramadan sebelum acara Buka Puasa.

 

Dalam kesempatan ini Presiden SBY memberikan sambutannya sekaligus menyampaikan 5 hal mengenai Pendidikan dan Pers, yaitu:

 

1. Mengembangkan budidaya Daya Fikir dan Daya Nalar (The Power of Commonsense)

2. Melanjutkan demokrasi yang lebih matang dan berkualitas, Democratic values yang lebih mengakar bagi kewajiban, hak dan tanggung jawab kewarganegaraan.

3. Cinta Damai, implementasikan rasa toleransi dan harmoni dalam kehidupan berbangsa yang majemuk.

4. Meningkatkan semangat Patriotisme dengan semangat Nasionalisme yang Positif.

5. Meningkatkan kepatuhan terhadap pranata hokum (Rule of Laws) sesuai norma dan tatanan yang berlaku.

 

Di sela-sela acara buka puasa bersama ini, Ibas menyambut positif apa yang telah disampaikan Bapak Presiden SBY mengenai Pendidikan dan Pers. “Informasi yang berkualitas datang dari Daya Fikir dan Daya Nalar yang berkualitas pula, sehingga dapat menghasilkan keadaan demokrasi yang matang dan berkualitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” tegas Anggota Komisi I DPR RI yang mewakili bidang Komunikasi dan Informasi ini.

 

Kehangatan dan keakraban antara Pemerintah dan Pers terlihat di penghunjung acara yang digelar di Ruang Utama Istana Negara kemarin sore. Bapak Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono bersedia berfoto bersama dengan para wartawan kepresidenan seusai acara berbuka puasa. (Sumber Foto: ANTARA)