Magetan – Anggota Komisi I DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono mengagendakan kunjungan ke Kabupaetan Magetan, Jawa Timur, salah satu kabupaten daerah pemilihannya di Dapil  VII Jawa Timur. Pada kunjungannya di Magetan, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini mengawali agenda kunjungannya ke sentra perajin batik khas Magetan di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

 

“Produk unggulan lokal tak kalah kualitasnya dengan produk ungulan di daerah lain. Untuk itu, bukanlah hal yang sulit agar hasil kreatifitas perajin batik Magetan dapat menembus pasar domestik bahkan internasional. Upaya menuju ka arah itu perlu kita dorong dengan memberikan penguatan modal usaha, promosi dan kemudahan-kemudahan lainnya,” ujar Ibas sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono.

 

Pada kesempatan ini, anggota DPR RI ini mengatakan keunikan dan ciri khas masing-masing daerah dalam memproduksi produk-produk khas lokal menjadi daya tarik tersendiri yang dapat meningkatkan nilai jual produk lokal. Untuk itu, pada kunjungannya kali ini, Ibas mengagendakan kunjungan kerjanya untuk mendorong dan menyerap aspirasi para perajin produk unggulan lokal di Magetan.

 

Di Desa Sidomukti, Ibas disambut warga dengan antusias, selain meninjau produk kerajinan batik khas Magetan, Ibas juga meninjau pusat kerajinan anyaman bambu di Desa Ringinagung, Magetan. Di lokasi ini, Ibas yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya dan Olahraga ini menegaskan, segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para perajin produk-produk lokal daerah perlu dimaksimalkan.

 

“Upaya memaksimalkan dukungan agar para perajin lokal lebih sejahtera perlu dilakukan untuk menjaga keterampilan masyarakat lokal yang sudah turun temurun diwariskan. Ini bukan hanya pada konteks meningkatkan kesejahteraan mereka, melainkan upaya untuk tetap melestarikan kekayaan seni dan budaya lokal daerah agar tidak tergerus oleh bdaya dan produk dari luar,” terang Ibas di sela-sela kunjungannya.

 

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dapat ditempu agar para perajin lokal semakin produktif dan mampu bersaing dengan produk-produk serupa di pasar domestik dan bahkan internasional adalah dengan memberikan penguatan modal produksi agar para perajin bisa mengembangkan ide-ide dan kreatifitas mereka.

 

“Lewat kunjuangn saya ini, saya berharap masyarakat khususnya para perajin di Magetan bisa semakin produktif dan inovatif menciptakan produk-produk unggulan lokal yang berdaya saing kuat. Kita juga mendorong pemanfaatan program-program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat diimplementasikan untuk para perajin agar mereka dapat mengembangkan usaha mereka,” tambah Ibas.