Senayan – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang biasa disapa Ibas mengatakan perlu upaya serius dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan nilai-nilai dan benda-benda budaya Indonesia, salah satunya dengan pelestarian museum sebagai wadah melestarikan kekayaan seni dan budaya Indonesia. 
 
“Museum tempat menyimpan dan memamerkan koleksi sejarah, ilmu, seni, budaya dan benda kuno bersejarah. Study the past, if you would define the future. Oleh karenanya, harus semakin giat meningkatkan inovasi dan kreativitas. Tak hanya itu, aspek kemasan, marketing, dan sosialisasi pun menjadi bagian penting agar menarik perhatian masyarakat mencintai museum,” terang anggota Komisi 10 DPR RI ini saat audiensi dengan Asosiasi Museum Indonesia (AMI) di ruang rapat FPD, Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta (20/4/2016).  
 
 
Ibas melanjutkan keseriusan Fraksi PD dalam mendorong museum di Indonesia terus berkembang sudah dimulai saat  pemerintahan Pak SBY. “Upaya FPD untuk menambah dan mengembangkan museum sudah dimulai saat Pak SBY menjabat presiden. Bahkan saat itu sudah ada Gerakan Aku Cinta Museum sebagai komitmen FPD yang mudah-mudahan bisa diteruskan oleh pemerintahan sekarang,’’ kata wakil rakyat asal Dapil VII Jatim Ini. 
 
Seperti dilaporkan, audiensi FPD bersama AMI yang dipimpin, Putu Padma Rudana turut menghadirkan perwakilan museum dari seluruh daerah di Indonesia. Sementara dari FPD, selain Ibas, juga hadir Sekretaris FPD Didik Mukrianto, SH., MH., Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya, anggota Komisi X Muslim dan Rinto Subekti. “Kami datang dengan ketua, atau perwakilan pengurus AMI atau AMI daerah dari seluruh Indonesia. Ini ada dari Kalimantan, Sulawesi, Aceh dan beberpa lainnya. Tentu masih banyak penggiat di luar sana, karena museum di Indonesia ini ada sekitar 412 unit,’’ kata Putu.
 
Menanggapi hal ini, Ibas menyatakan pihaknya akan memperjuangkan Sapta Karsa sesuai peran sebagai perwakilan rakyat.  ‘’Kita seirama dan satu tujuan. Ingin menjadikan museum sebagai salah satu destinasi wisata yang utama sekaligus menjadi wahana pendidikan untuk menjaga karakter bangsa. Di Negara-negara maju, museum sangat penting. Ke museum itu asyik. Di kita, masih belum. Dan kita menuju ke sana. Akan ada saat demikian, dan saya bangga karena Anda lah nanti yang akan memperkenalkan kehebayan museum kita ke dunia,’’ kata Ibas.