London, Inggris.

Di hari ke-dua kunjungannya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersama Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono didampingi Lady in Waiting, Sranya Natalegawa, Triesna Wacik, Lastry Thayeb dan delegasi menghadiri acara penanaman pohon di kebun raya, The Royal Botanic Gardens, atau lebih dikenal dengan sebutan Kew Gardens, Kamis (1/11) pagi waktu setempat. Ibu Negara dan delegasi diterima Direktur Kew Gardens, Richard Deverell pukul 9.30 waktu setempat. Kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka kampanye Jubilee Woods, dimana Princess Anne menjadi patron atau pelindung dari Woodland Trust, suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang lingkungan.

 

Ibas, Putra ke-dua Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan “Kew Royal Botanic Gardens, memadukan keindahan alam dan seni buatan manusia, ada keseimbangan estetika disana”. Rasa kagum putra SBY ini disampaikan dalam akun jejaring sosial miliknya @Edhie_Baskoro. Selain itu Ibas juga menambahkan informasi bahwa Kew Gardens adalah taman paling terkenal di London. Ada 30ribu jenis tanaman yang terdapat di sana. Ketertarikan wisatawan untuk mengunjungi Kew Gardens terhitung sebanyak 2juta orang/tahun.

 

Dalam acara ini, Ibu Ani menanam pohon Golden Ash atau Fraxinus Excelsior Aurea, dan menyerahkan sebuah foto Pohon Trembesi (Samanea Saman) dari Istana Kepresidenan Bogor, yang merupakan hasil karya Ibu Ani sebagai cinderamata untuk Kew Gardens, London. Acara berlangsung selama sekitar 90 menit sebelum Ibu Ani dan delegasi kembali ke Istana Buckingham.