Jakarta – Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menggelar jumpa pers terkait 3 isu utama yang sedang beredar di masyarakat, salah satunya adalah persiapan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Bali. Berikut keterangan Pers yang disampaikan Edhie Baskoro Yudhoyono:


Sekretaris Jenderal Partai Demokrat


Assalamualaikum WR WB, Salam Sejahtera untuk kita semua. Selamat Siang teman-teman media. Terima kasih atas kehadirannya di Kantor DPP Partai Demokrat.

 

Sore ini saya akan memberikan pernyataan media setelah berlangsungnya rapat pengurus harian yang merupakan agenda rutin dan membicarakan beberapa perkembangan Partai maupun perkembangan isu nasional akhir-akhir ini. Ada 3 isu besar yang saya akan sampaikan, pertama masalah rencana Demo besar 25 Maret 2013, kedua masalah penjaringan Bakal Calon Legislatif Partai Demokrat, dan Ketiga tentang Kongres Luar Biasa Partai Demokrat.

 

Topik : Demo Besar 25 Maret 2013


Partai Demokrat menjunjung tinggi dan menghargai proses Demokrasi dan hak-hak menyatakan pendapat serta kebebasan berekspresi dalam suasana demokratis.


Menanggapi isu demo besar yang akan berlangsung 25 Maret 2013, kami mengharapkan bahwa demo bisa dilakukan secara tertib dan aman. Partai Demokrat menghargai proses ini dan mengharapkan semua aspirasi bisa dikemukakan secara terbuka terlebih apabila disertai dengan dasar itikad baik dan solusi konstrukftif terhadap permasalahan bangsa.


Partai Demokrat secara tegas menolak apabila isu demo di arahkan untuk penggulingan pemerintahan yang sah, isu kudeta melalui cara-cara yang tidak konstitusional karena menurut kami tidak ada alasan untuk melakukan itu.


Cara inkonstuitusional tersebut bukan hanya mengingkari proses demokrasi yang sudah berjalan baik, tapi juga mengingkari kenyataan bahwa pemerintah dan negara Indonesia telah mengalami banyak perubahan yang positif dalam segala bidang.


Ditengah ekonomi Indonesia yang terus tumbuh (bahkan mencapai pertumbuhun ekonomi kedua di dunia setelah Tiongkok), kondisi politik dan keamanan yang terus membaik serta terus di lancarkannya program-program pro rakyat maka issue penggulingan / kudeta tersebut tidak mempunyai landasan yang kuat dan rasional.


Partai Demokrat justru ingin mengajak semua elemen masyarakat untuk bisa berpartisipasi aktif menjadi bagian dari perubahan positif dan pembangunan Indonesia.


Partai Demokrat beranggapan bahwa saat berkompetisi dalam proses demokrasi di Indonesia secara Konstitusional adalah pemilu 2014, yang mana proses nya sudah dan sedang dimulai serta diikuti oleh semua partai politik.

 

Topik 2 : Penjaringan Bakal Calon Legislatif Partai Demokrat


Partai Demokrat mengajak segenap potensi bangsa yang berkualitas, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan tokoh agama untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Legislatif Demokrat. 


Proses penjaringan Caleg Partai Demokrat dilakukan oleh Satgas Penjaringan yang di pimpin oleh Bapak Suaidi Marasabessy dan proses nya sendiri masih berlangsung hingga saat ini.


Persyaratan untuk menjadi Bakal Calon Legislatif Demokrat disesuaikan dengan peraturan KPU dan persyaratan internal dari Partai Demokrat.


Penentuan DCS akan dilakukan melalui proses seleksi yang ketat dan ditentukan oleh MTP Partai Demokrat. Sehingga Bakal Calon Legislatif Demokrat yang nantinya diberikan ke masyarakat adalah kader-kader Demokrat yang memiliki integritas, loyal dan berkomitmen penuh menjalankan amanah masyarakat.


 

Topik 3 : Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat


Seperti teman-teman media ketahui, beberapa waktu yang lalu ketua umum Saudara Anas Urbaningrum menyatakan berhenti dari posisi nya sebagai ketua umum. Dan kemudian kepemimpinan Partai Demokrat dipegang secara kolektif kolegial oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) yang dipimpin oleh ketua MTP Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono.


Selanjutnya MTP memutuskan DPP Partai Demokrat untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB). KLB ini diharapkan berjalan sederhana, hidmat, teduh dan menghasilkan kesepakatan bersama yang bisa diperoleh melalui cara musyawarah yang merupakan bagian dari proses demokrasi juga. Tujuan lain KLB juga untuk mengkonsolidasikan kembali, memperkokoh soliditas kader baik pusat sampai daerah untuk siap menghadapi tahapan Pemilu 2014


Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 30 – 31 Maret 2013.


Saya dalam KLB nanti akan menjadi ketua Steering Committee dan Pak Max Sopacua sebagai Ketua Organizing Committee.


Tentang nama-nama Calon ketua umum yang banyak berkembang di media, kami menghargai bahwa itu merupakan aspirasi dari kader-kader Demokrat. Akan tetapi Partai Demokrat belum secara resmi memberikan nama-nama calon ketua umum. Hanya Tuhan, Bapak SBY dan Peserta KLB nanti nya yang tahu.


Demikian pernyataan perss yang diberikan terima kasih atas perhatian teman-teman media.


Wassalamualaikum WR WB

(Yd)