Jakarta : “Saya sungguh menyadari betapa penting dan mulianya bertugas sebagai anggota DPR RI. Itulah yang Saya rasakan menjadi Wakil Rakyat selama ini.” Ujar Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dalam konferensi pers pengunduran dirinya sebagai Anggota DPR RI Kamis,14 Februari 2013.

 

Dirinya mengakui bahwa pengunduran dirinya sudah didasarkan pada pemikiran dan pertimbangan yang matang dan seksama serta niat yang baik.

 

 “Kalau Saya masih menjadi anggota DPR RI maka hampir pasti tugas Saya sebagai anggota DPR tidak akan berjalan dengan baik. Dengan demikian Saya tidak akan membebankan dengan banyak persoalan kepada Fraksi Demokrat DPR RI yang tidak kecil tantangannya di dalam memperjuangkan kepentingan rakyat sekaligus mengkritisi dan mendukung kebijakan program-program pemerintah, yang sebenarnya juga untuk kepentingan rakyat.” Jelas anggota DPR RI Komisi I periode 2009-2014 tersebut.

 

 Dengan pengunduran dirinya di DPR RI, Ibas mengaku akan berkonsentrasi penuh akan tugasnya di partai yang sedang berkonsolidasi total. “Saya berharap dan bertekad bisa merampungkan tugas dan kewajiban Saya sebagai Sekjen Partai Demokrat hingga selesainya Pemilihan Umum 2014 mendatang.” Jelas Ibas.

 

Salam perjuangan kepada para rekan sefraksi maupun lain fraksi di DPR RI pun  disampaikan Ibas pada akhir konferensi pers. “ Kepada rekan-rekan dari Fraksi Demokrat, Saya ucapkan selamat berjuang untuk kepentingan rakyat. Dan kepada rekan-rekan anggota DPR dari fraksi manapun, khususnya yang sering bersama-sama mengemban tugas selama ini, Saya ucapkan pula terimakasih dan selamat berkarya. Saya mohon maaf apabila dalam pergaulan dan kebersamaan selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan.” Ibas menyeloroh.

 

Dalam masa jabatannya sebagai Anggota DPR RI, Ibas telah berkontribusi dalam tercetusnya Undang-Undang (UU) Industri Pertahanan, UU Veteran serta UU Intelejen yang saat ini sedang masuk Judicial Review Mahkamah Konstitusi. Selain itu dalam periodenya, Komisi I juga telah melakukan ratifikasi Perjanjian Internasional Indonesia dengan beberapa negara sahabat khususnya di bidang pertahanan baik Bilateral maupun Multilateral.