JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Ibas, berharap Tim Nasional (Timnas) sepakbola U-23 yang bertanding dalam Sea Games 2013 di Myanmar, dapat meraih medali emas.

 

“Selain tentunya saya berharap agar kontingen Indonesia menjadi juara umum, saya juga sangat berharap agar timnas sepakbola U-23 kembali meraih medali emas. Sehingga, pencapaian juara umum akan terasa lengkap jika cabang sepakbola juga meraih medali emas,” kata Ibas kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/12).

 

Namun, sambung, harapan dirinya itu bukan berarti pula kalau dirinya mengecilkan keberadaan cabang olahraga lain yang dipertandingkan di ajang SEA Games Myanmar. “Saya juga berharap cabang olahraga lainnya bisa meraih medali. Hanya tentunya semua kita tahu, kalau cabang sepakbola ini adalah cabang olahraga yang memiliki penggemar paling banyak, bukan saja di tanah air, tetapi di seluruh dunia,” tandas putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Jadi, sambung Ibas, sangat menjadi wajar kalau dirinya dan tentunya seluruh rakyat Indonesia sangat berharap Timnas U-23 dapat mempersembahkan medali emas dalam SEA Games di Myanmar seperti yang pernah diraih saat SEA Games ke XVI di Manila, Filipina tahun 1991 lalu.

Memang perjuangan Timnas U-23  yang berada dalam grup A, yang disebut-sebut sebagai group neraka. Setalah selesai bertanding melawan Kamboja, maka timnas merah putih ini akan di tunggu oleh tim-tim raksasa Asia Tenggara yang sangat tangguh, seperti Singapura (11/11), Thailand (13/11), dan Juara bertahan SEA Games 2009, Malaysia (17/11).

 

 “Perjuangan yang tentu membutuhkan kerja keras dan doa harus selalu ada di dalam pemain-pemain timnas U-23, karena memang jalan menuju juara sangat berliku dan penuh tantangan sehingga itu tidak mudah memang,” kata Ibas.

 

Karenanya Ibas sangat mengapresiasi dengan semangat dan tekad yang diberikan PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) yang mewajibkan Ramdani Lestaluhu dan kawan-kawan mampu merebut medali emas di cabang sepakbola alias menjadi juara di SEA Games 2013 nanti.

“Mari kita berikan dukungan dan doa agar target yang dibebankan PSSI dan BTN itu dapat diraih oleh Timnas U-23 dengan mempersembahkan medali emas dalam cabang sepakbola seperti 20 tahun lalu di Manila, Filipina,” pungkas Ibas.