Yogyakarta, DIY – Bulan Suci Ramadan menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi antarsesama umat manusia. Kesempatan ini dimanfaatkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat melaksanakan Safari Ramadan untuk berkunjung ke Keraton Kilen tempat kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X. Anggota DPR RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono beserta rombongan mengadakan perbincangan hangat bersama Sri Sultan di dalam keraton sembari menunggu Adzan Maghrib berkumandang.

 

Komitmen Partai Demokrat di DPR dalam menyelesaikan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogjakarta (RUU DIY) dengan berpanduan pada pembicaraan serta kesepakatan antara Presiden SBY dengan Sri Sultan diutarakan dalam perbincangan itu oleh ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Menanggapi hal itu, Sultan mengucapkan terima kasih karena PD telah membantu menyelesaikan RUUK Yogyakarta. Dalam obrolan jelang berbuka puasa tersebut Sultan berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dilakukan secara pengukuhan.

 

Waktu berbuka puasa tiba, Ibas, Anas dan Sri Sultan segera membatalkan puasa dengan berbagai penganan yang dihidangkan di atas sebuah meja bundar beralaskan kain batik merah. Perbincangan hangat dan bermakna sesekali terdengar dalam santap buka puasa tersebut. Rileks dengan budaya Jawi yang kental di dalam keraton membuat Ibas terlihat lebih santai menikmati suasana Yogya.

 

bakmiSelesai berbuka puasa dengan Sri Sultan, rombongan melaksanakan salat tarawih di Masjid Al-Fatah Kotegede Yogjakarta. Tak ingin melewatkan begitu saja suasana malam Yogya, Ibas bersama Ramadhan Pohan, Wakil Ketua Komisi I Dewan Pewakilan Rakyat (DPR) RI menyempatkan untuk berwisata kuliner ke Bakmi Pak Pele, di Alun-alun Utara Yogyakarta. Cita rasa bakmi tradisional yang sulit dijumpai di Jakarta menjadi daya tarik bagi Ibas dan Pohan. Anas Urbaningrum dan beberapa rombongan juga ikut mencicipi lezatnya Bakmi Pak Pele ini. Bakmi Pak Pele sudah terkenal sejak tahun 1983 dan sudah 29 tahun berjualan cita rasa bakmi yang disukai para pejabat di negeri ini.

 

Yogyakarta adalah kota yang dituju setelah Purworejo, tanah leluhur Edhie Baskoro Yudhoyono, almarhum Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo yang yang menjadi kakek dari Ibas sendiri, mertua dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Di Purworejo, Ibas bersama rombongan Safari Ramadan mengadakan acara Bakti Sosial membagikan ribuan paket sembako.