Pacitan – Anggota Komisi I DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang lebih dikenal dengan sapaan Ibas, memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Lomba Nyanyi Lagu Karya Cipta SBY di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu, (14/07). Pada acara tahunan yang sudah empat kali dilaksanakan di Pacitan ini, Ibas menyampaikan apresiasinya atas sambutan masyarakat yang antusias mengikuti lomba ini. “Saya menyampikan apresiasi atas diselenggarakannya lomba nyanyi lagu cipta SBY ini. Masyarakat Pacitan begitu antusias menyambut acara ini,” ungkap Ibas.

 

Pada kesempatan ini, Ibas menjelaskan, di tengah kesibukan menjalankan tugas kenegaraan, Bapak Presiden masih dapat meluangkan waktunya untuk menciptakan lagu-lagu yang bertemakan pembangunan dan optimis dalam menatap masa depan. “Tentu semangat dan dedikasi beliau perlu kita teladani. Makna-makna yang terkandung dalam lirik-lirik lagu yang beliau ciptakan juga bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk melanjutkan pemikiran-pemikiran beliau yang begitu mencintai tanah air Indonesia,”  tambah Ibas.

 

Politisi muda ini juga menyambut positif usaha pihak panitia yang dinilainya berhasil menyelenggarakan acara lomba tersebut yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah peserta. “Saya mendengar peserta lomba ini ada yang datang jauh-jauh dari wilayah Jawa Tengah. Untuk itu, saya mengucapkan selamat berlomba dan berkreasi. Semoga melalui kompetisi ini, kemampuan para peserta di bidang seni suara semakin meningkat.”

 

Seperti diketahui, kompetisi Lomba Nyanyi Lagu Karya Cipta SBY 2012 ini diikuti oleh 210 peserta, yang berasal dari berbagai daerah, terutama dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kebanyakan mereka berasal dari Kediri, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Solo, Yogyakarta, Kudus, Tulungagung dan sekitarnya. Jumlah peserta yang mengikuti lomba nyanyi di tahun 2012 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2011, peserta lomba yang berpartisipasi hanya sejumlah 135 orang.

 

Untuk babak Grand Final ini, peserta yang tersisa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari siswa dan siswi dengan kategori umum, SLTP/ Madrasah Tsanawiyah dan SMA/ SMK/ Madrasah Aliyah. Ibas menilai, “potensi siswa-siswi tersebut patut kita support bersama, saya berharap para kaum muda Pacitan tetap mempertahankan prestasi ini, dan semoga kedepannya ajang kompetisi ini tetap dijalankan dan dapat membawa manfaat untuk masa depan generasi muda Pacitan. Di sisi lain, saya berharap acara ini dapat mempererat silaturahmi antarmasyarakat Pacitan.”

 

Acara Lomba Nyanyi Lagu Karya Cipta SBY 2012 dibuka oleh Menpora Andi Mallarangeng. Selain itu, Bupati Kabupaten Pacitan, Indartato serta jajaran Muspida Kabupaten Pacitan turut menyaksikan kemeriahan acara lomba nyanyi tersebut. Pada bagian penutupnya, masyarakat dihibur oleh kelompok Band Lyla yang juga ikut menyanyikan salah satu tembang ciptaan Presiden SBY yang diaransemen ulang.