Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini diagendakan meresmikan Jembatan Merah Putih (JMP) di Ambon. JMP yang memiliki panjang 1.140 meter dan lebar 86,5 meter dengan bentangan tengah jalan 22,5 meter ini merupakan proyek pembangunan program MP3EI yang telah dibangun sejak tahun 2012 saat Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono menjabat.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa mengapresiasi pembangunan proyek Jembatan Merah Putih di Kota Ambon. “Terima kasih Pak @SBYudhoyono dan Pak @jokowi. Konektivitas ini sangat bermanfaat untuk rakyat Maluku. Beta senang. Lanjutkan! #MP3EI,” ujar Ibas melalui akun twitternya.
Ibas pun optimis, jembatan tersebut akan bermanfaat menambah geliat perekonomian di Kota Ambon dan sekitarnya. “Semoga semakin mempermudah akses masyarakat, khususnya distribusi barang dan hasil pertanian masyarakat. Termasuk memudahkan akses adik-adik kita para mahasiswa yang menimba ilmu di Universitas Pattimura Ambon yang tinggak di desa-desa sekitar,” ungkap Ibas.
Seperti diketahui, Jembatan yang dibangun dengan sistem cable stayed ini menghubungkan Poka dan Galala di kawasan Teluk Ambon. Jembatan ini diharapkan dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari kota Ambon menuju Bandara Pattimura yang berkisar 35 Km dan sebaliknya, sehingga biaya operasi kendaraan dapat berkurang.

Selama ini harus ditempuh selama 60 menit dengan memutari Teluk Ambon. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kapal penyeberangan (ferry) antara Poka dan Galala dengan waktu tempuh sekitar 20 menit, ditambah waktu antri.