Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mengawal proses perhitungan resmi suara hasil pemilihan presiden (Pilpres) yang kini tengah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Menurut politisi muda Demokrat ini, keterlibatan semua pihak, khususnya kedua tim sukses pasangan capres dan cawapres serta seluruh pendukung kedua kubuh dalam mengawal proses rekapitulisasi suara akan meminimalisir potensi saat pengumuman resmi KPU 22 Juli mendatang.

 

“Mari kita sama-sama mencermati proses yang berlangsung. Kalau semua pihak bersama-sama mengawal proses perhitungan suara secara tranparan dan objektif, tentu apapun hasilnya nanti seharusnya bisa diterima bersama-sama karena dikawal bersama,” terang Ibas di Jakarta.

 

Ibas juga mengajak semua pihak untuk bersabar menunggu pengumuman hasil pilpres dan jangan muda terprovokasi dengan tindakan-tindakan yang mendelegitimasi kewenangan KPU. “Kita sudah tiga periode melakukan pemilihan presiden secara langsung dan bersama-sama mampu menjaga situasi kondusif, tertib, aman dan demokratis. Saya optimis kedewasaan kita berpolitik terus tumbuh dan pada akhirnya, keputusan KPU nanti bisa diterima dengan baik tanpa menimbulkan konflik, tambah Ibas.

 

Ibas menyampaikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, Aparat Kepolisian serta seluruh pendukung capres dan cawapres yang telah mengawal pilpres dengan baik. Untuk itu, Ia juga meminta semua pihak, dalam suasana ramadhan tahun ini yang berbarengan dengan pemilihan presiden agar tetap menjaga suasana kondusif dan menciptakan kesejukan di masyarakat. “Selamat kepada para pendukung kedua kubu yang sudah bersama-sama melewati proses pencoblosan dengan tertib dan lancar. Mari bersama kita kawal demokrasi kita berjalan kearah yang benar sehingga tidak melukai hati rakyat Indonesia,” tutup Ibas.