Jakarta – Kabar gembira mewarnai pasangan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Siti Rubi Aliya Baskoro Yudhoyono serta keluarga besar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Pada Senin (24/12/2012), putra pertama Ibas-Aliya, yang diberi nama Airlangga Satriadhi Yudhoyono lahir di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, secara normal pada pukul 00.01 WIB.

Dalam jumpa pers di RS Pondok Indah siang tadi, Ibas bersyukur putranya lahir pada hari yang baik. Menurut sistem hari kelahiran Jawa (wetonan), Airlangga lahir pada Senin pahing.

Ibas mengatakan, Airlangga lahir dalam sebuah proses persalinan normal. Dia lahir dengan berat 3,35 kg dan panjang 50 cm. “Kebetulan saya dari Jawa, Alhamdulillah weton putera kami wetonnya Senin pahing, yang artinya mudah-mudahan dapat memberikan kelancaran dan kebaikan pada putera kami,” ujar Ibas di RSPI, Pondok Indah, Senin (24/12/2012).

Pada kesempatan ini, Ibas berterima kasih pada semua pihak yang telah membantu persalinan anaknya, mulai dari suster, dokter dan semua pihak yang ikut mendoakan kelancaran proses kalahiran Aliya.

Ibas berharap, Airlangga kelak dapat menjadi anak yang kuat dan dapat menghadapi tantangan dalam hidupnya. “Kami berharap putera kami kelak dapat menghadapi tantangan dengan baik. Jadi Airlangga Satriadhi Yudhoyono, bisa dipanggil Airlangga,” terang Ibas.

Lebih lanjut, anggota Komisi I DPR ini menjelaskan arti nama putra pertamanya Airlangga Satriadhi Yudhoyono. “Nama adalah doa, sesuatu yang kita bawa hingga akhir,” kata Ibas di hadapan awak media yang antusias meliput kelahiran Aliya.

Ia menjelaskan, nama Airlangga diberikan sebagai harapan agar sang putra kelak menjadi pemimpin yang bijak, baik, dan mengayomi seluruh elemen masyarakat. Nama itu sendiri sama dengan nama Raja Kahuripan. “Airlangga kami ambil dari nama tokoh di masa lampau, seorang pemimpin yang berjaya di masanya,” kata dia.

Adapun nama Satriadhi merupakan paduan dari kata satria dan adhi. “Kami ingin Airlangga jadi kesatria yang baik hati, tangguh, berjalan di jalan yang benar, diridhoi Allah, yang bersih,” ujarnya. Sedangkan nama Yudhoyono, berarti sosok yang bisa menghadapi segala tantangan dan cobaan.**