Hari Jadi Trenggalek, Ratusan Pusaka diarak Keliling Kabupaten Trenggalek

TRENGGALEK – Peringati hari jadi Trenggalek ke 824, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan menggelar Kirap Pusaka dan arak Tumpeng Raksasa, Jumat (31/8/2018)

Kirap dimulai dari Desa Kamulan dan berakhir di Pendhapa Kabupaten Trenggalek. Barisan kirap terdepan diawali oleh prajurit keraton Surakarta dan kendaraan pembawa pusaka, yang diikuti oleh kereta kencana yang ditumpangi Bupati beserta sang istri.

Sampai di alun-alun Kabupaten Trenggalek, rombongan turun dari kereta kencana lantas berjalan kaki menuju Pendhapa dan menyerahkan pusaka yang telah diarak tersebut kepada Bupati Trenggalek.

Uniknya, setelah Tumpeng Raksasa masuk di pendhapa, warga dengan antusias berebut hasil bumi yang berada di tumpeng raksasa tersebut. konon dari hasil berebut tersebut bisa mendatangkan rezeki yang melimpah.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan di Trenggalek. “Acara tahunan ini sudah kita jadikan pakem, dalam melestarikan budaya di Kabupaten Trenggalek,” tegas Joko Irianto.

Joko Irianto menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu media pemuda dalam meningkatkan pengetahuan budaya lokal.

“Ini sangat penting, karena generasi muda saat ini sudah banyak yang terpengaruh perkembangan teknologi. Sehingga mereka jarang yang tahu akan sejarah maupun tradisi di Trenggalek,” pungkas Joko. (Ganez Radisa)