JAKARTA-Peringatan Hari Guru tahun ini dimaknai berbeda oleh Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas menurutnya, guru masa kini harus terus meningkatkan kemampuan agar mampu bersaing ditingkat global.

Guru era teknologi digital saat ini, dikatakan Ibas harus mampu meng upgrade diri. ” Guru di era ini harus memiliki kinerja untuk menciptakan peserta didik yang siap menghadapi kehidupan di era global,” ujarnya Minggu (25/11/2018)

Guru, dilanjutkan Ibas, bukan hanya pahlawan tanpa tanda jasa tetapi juga seorang yang profesional. “Jasa guru sangat dibutuhkan untuk bukan hanya menjalankan kurikulum nasional, tetapi juga harus profesional untuk membentuk karakter peserta didik menjadi kuat dan siap menghadapi dunia,” ujarnya.

Profesionalisme guru saat ini dibutuhkan, mengingat pola pendidikan konvensional masih perlu di modernisasi menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman. “Pendidikan moderen saat ini menuntut guru agar efektif, guru harus terus mengkaji proses pembelajaran yang diberikannya sehingga terjadi peningkatan kualitas hasil belajar pada peserta didik atau guru menjadi pendidik,” tutur Ibas.

Profesionalisme guru, dikatakan Ibas juga harus berbanding sama dengan kesejahteraannya.” Guru yang sudah profesional, terus mengupgrade diri, dan berinovasi harus kita hargai dan harus sejahtera,” ujar dia.

Ibas berharap pemerintah mampu menghargai para guru moderen yang terus berinovasi. “Selamat hari guru, semoga Guru Indonesia terus maju dan berinovasi dan terus sejahtera,” tutupnya.