Jakarta–Perancang mode asal Surabaya Melia Wijaya memperagakan busana bertema Collage Degree yang memadukan batik Pacitan untuk busana cocktail di Jakarta Fashion & Food Festival, Hotel Harris, Sentra Kelapa Gading, Minggu sore (12/5).

“Saya selalu menggunakan bahan batik. Kali ini saya menggunakan batik Pacitan, karena warna dan motifnya cocok dipadukan dengan bahan jeans,” kata Melia setelah peragaan busana di Ballroom Hotel Haris, Minggu.

Melia yang menamatkan pendidikan sekolah mode Esmod Paris itu mengatakan keunikan batik Pacitan mempunyai warna khaki dan biru dengan motif kupu-kupu serta burung ukuran kecil.

Selain itu ada juga motif kotak-kotak untuk yang dibuat seperti kolase. Bahan motif batik itu dirangkai dengan cara quilting, sehingga tampil agak kaku untuk membentuk lambang-lambang kostum superhero.

Melia sudah mulai menerjuni bidang mode sejak 2001. Rancangannya kali ini sengaja mengambil inspirasi dari kostum superhero, namun tetap tampil minimalis, elegan, dan dengan campuran etnik modern.

Ciri khas rancangannya adalah dia selalu menampilkan campuran bahan etnik Indonesia untuk busana bergaya internasional. Frend Mashudi