NGAWI – Lembaga Kajian Jurnalistik Sinergis  (Lekajusi) menggelar Diklat Jurnalistik Dasar di Gedung PKK Kabupaten Ngawi, Minggu (28/4) kemarin.  Sebanyak  130 orang peserta dari  45 SMA/SMK/MA maupun Perguruan Tinggi di Ngawi mengikuti Diklat Jurnalistik tersebut, termasuk para Koordinator Kecamatan (Korcam) Edhie Baskoro Yudhoyono se-Kabupaten Ngawi.

“Pesertanya cukup banyak dari berbagai sekolah setingkat SMA serta Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Ngawi,” ujar Candra Adi selaku Koordinator Dapil (Kordapil) EBY Team yang juga Penanggungjawab acara.  Dia menjelaskan kegiatan tersebut digelar yang ke empat kali, setelah dari Kabupaten Pacitan, Ponorogo serta Magetan.

Menurut Kordinator Liputan (Korlip Media EBY dapil VII Jawa Timur) Frend Mashudi, Salah satu kegiatan Tim Media Sinergis yang tergabung dalam Lembaga Kajian Jurnalistik Sinergis (LeKaJuSi) EBY Tim adalah Diklat Jurnalistik Dasar bagi Penggerak Komunitas dan Mahasiswa dan Pelajar yang bertujuan memberi pemahaman konsep dasar dunia jurnalistik, membangun sikap yang positif mengenai kegiatan menulis sebagai bagian dari kerja pengorganisasian dan upaya mengkomunikasikan peristiwa/fenomena; menyusun ide dalam tulisan sesuai kaidah 4W + 1H, bentuk-bentuk tulisan, memperkenalkan kepada peserta mengenal berbagai media.

“Kami dari tim media Edhie Baskoro Yudhoyono mengharapkan semoga kegiatan ini mampu menggugah semangat para generasi muda terhadap pentingnya jurnalistik sebagai medium untuk menumbuhkan identitas diri. Mampu memberiakan perubahan positif terhadap pergeseran-pergeseran nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus tetap semangat dan selalu optimis untuk menjalani masa depan,” ungkap Frend.

Peserta tampak antusias dan senang dengan materi cara menulis cepat berita teknik 5W + 1 H oleh Tim Lekajusi serta dua pemateri yaitu Siswowidodo, Jurnalis LKBN Antara serta Bambang H Irwanto, Pemred Jawa Pos Radar Madiun.

Ika Oktaviani pelajar SMK Negeri 1 Sine mengaku bersyukur dengan kegiatan Diklat Jurnalistik yang digelar oleh EBY Team Kabupaten Ngawi bersama Lekajusi  tersebut.  Dia merasa sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini, selain menambah pengetahuan kegiatan ini juga mampu membangkitkan jiwa jurnalistik. “Kegiatan ini sukses menarik minat saya,” aku Ika Oktaviani yang diamini oleh Fitri Dita Febriani, pelajar SMA Negeri 1 Kwadungan.

Sementara itu Tri Vidianingsih, mahasiswi STKIP Ngawi  mengatakan awalnya serangkaian acara yang dijalani sangat membosankan namun setelah berbaur dengan peserta lain dan akrab dengan panitia maka semuanya kini terasa mengasikkan. “Awalnya saya benar-benar tidak tertarik namun setelah menjalaninya kegiatan ini sungguh membuat saya antusias,” jelasnya.

Dewa salah satu mahasiswa sebuah PT di Ngawi mengatakan, dirinya mengikuti Diklat Jurnalistik ingin menjadi penulis handal dan wartawan terkenal. “Saya ingin menulis lancar dan tulisan bisa baca orang banyak,” ungkap Dewa. Hal senada disampaikan, Nur Fadilah Tisnawati, mahasiswi STKIP Ngawi. Dirinya mengaku senang bisa mengenal seluk beluk dunia wartawan dan menulis dengan mudah. Selain itu, berharap di kampusnya ada mading dan buletin. “Semoga pelatihan ini bermanfaat,” papar Nur Fadilah Tisnawati.

Acara lebih istimewa dengan kehadiran Hj. Sri Subiyati, SE salah satu anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur. Tampak hadir dalam acara tersebut, beberapa anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Ngawi, seperti Muh Isnaini Widodo, Amirulyati, Subekti serta Kuswandono. Dalam sambutannya, Hj. Sri Subiyati mengaku bersyukur acara positif tersebut bisa diikuti sebagian generasi muda di Kabupaten Ngawi. “Semoga bermanfaat serta memahami tatacara menulis serta mencari berita yang benar sesuai kode etik jurnalistik,” tutur Hj. Sri Subiyati yang juga merupakan Caleg Partai Demokrat DPRD Jawa Timur yang akan berangkat melalui Dapil VII Jawa Timur. (Frend/Ardian/Muh Nurcholis)