Magetan-Di saat kebanyakan orang sedang tertidur dalam kehangatan malam, Suparno sedang sibuk menata barang- barang belanjaan di sepeda Motornya, terlihat Sepeda Motornya sudah penuh dengan ratusan bungkusan yang berisi berbagai jenis sayuran,  beberapa jenis bumbu dapur dan Buah.(28/3/13)

Suparno adalah salah satu dari Seribu lima ratusan pedagang sayur ethek (keliling-red) di Magetan.

Menurut Suparno, dia menjadi pedagang Ethek sudah 7 tahun ini, dengan berkeliling mulai dari Magetan sampai Rumahnya di Nggebyok, Kecamatan Karangrejo, Magetan.

Dari data Paguyupan Pedagang Ethek lawu (nama perkumpulan pedagang sayur keliling Magetan)  , anggota Ethek lawu di Magetan yang terdaftar dalam paguyupannya ada sekitar seribu Lima ratus orang. Mereka tiap malam memadati hampir seluruh area pasar sayur Magetan untuk kulakan( belanja).

Dari data tersebut, Dapat di Kalkulasikan peredaran uang dalam transaksi pedagang ethek di pasar sayur Magetan sekitar 1 Miliar lebih tiap malamnya. Angka yang sangat fantastis dalam perdagangan semalam, sebuah kegiatan yang mampu menggerakkan perekonomian pedagang.

Paguyupan ethek lawu  tidak hanya berkutat pada perdagangan sayuran saja, ternyata mereka juga mengadakan pertemuan rutin untuk melakukan arisan dan membahas permasalahan- permasalahan yang mereka hadapi dalam perdagangannya, seperti menentukan satuan Harga, agar tidak terjadi kesalah pahaman sesama pedagang.(Maksum)