Trenggalek– Lembaga Kajian Jurnalistik Sinergis  (LeKaJuSi) kembali menggelar Diklat Jurnalistik Dasar di Gedung Perikanan Kabupaten Trenggalek, kemarin.  Sebanyak  150 orang peserta dari  beberapa SMA/SMK/MA maupun Perguruan Tinggi di Trenggalek mengikuti Diklat Jurnalistik tersebut, termasuk para Koordinator Kecamatan (Korcam) Edhie Baskoro Yudhoyono se-Kabupaten Trenggalek.

“Pesertanya cukup banyak dari berbagai sekolah setingkat SMA serta Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Trenggalek,” ujar Daeng Handy selaku Koordinator Kabupaten (Korkab) EBY Team  Trenggalek yang juga Penanggungjawab acara.  Dia menjelaskan kegiatan tersebut digelar yang ke lima kali, setelah dari Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Magetan serta Ngawi.

Sementara itu Kordinator Liputan (Korlip)  Media EBY dapil VII Jawa Timur, Frend Mashudi, Salah satu kegiatan Tim Media Sinergis yang tergabung dalam Lembaga Kajian Jurnalistik Sinergis (LeKaJuSi) EBY Team  adalah Diklat Jurnalistik Dasar bagi Penggerak Komunitas dan Mahasiswa dan Pelajar yang bertujuan memberi pemahaman konsep dasar dunia jurnalistik. “Kegiatan ini berupaya untuk membangun sikap yang positif mengenai kegiatan menulis sebagai bagian dari kerja pengorganisasian dan upaya mengkomunikasikan peristiwa atau fenomena,  menyusun ide dalam tulisan sesuai kaidah 5W + 1H, bentuk-bentuk tulisan, memperkenalkan kepada peserta mengenal berbagai media,” tukas Frend.

Peserta tampak antusias dan senang dengan materi cara menulis cepat berita teknik 5W + 1 H oleh Tim LeKaJuSi serta dua pemateri yaitu Destyan H Sudjarwoko, Jurnalis LKBN Antara serta Fadli Rahmawan dari Jurnalis Transcorp.

Acara  juga dihadiri oleh Sugiri Sancoko selaku Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur. Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Trenggalek, Prayitno bersama  beberapa pengurus DPC Partai Demokrat. “Diklat Jurnalistik Sinergis diharapkan mampu membuka cakrawala bagi generasi muda di Trenggalek,” harap Sugiri Sancoko yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur. Dimas/Cholis/frend)