PACITAN-Kabupaten Pacitan memiliki potensi seni dan olah raga tradisional cukup beragam. Sebagian bahkan sudah mampu mengharumkan nama Pacitan dikancah regional maupun nasional.Sedangkan sebagian lain masih menunggu sentuhan eksplorasi.
Padahal, jika potensi tersebut terangkat, tidak hanya nama Pacitan yang dikenal namun juga mampu mendongkrak ekonomi rakyat. Untuk itulah menurut Bupati Pacitan Indartato, perlu adanya sarana untuk menampung hal tersebut. Salah satunya, melalui Forum Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).
“Saya sangat menghargai dan punya harapan besar kepada Formi, bukan hanya memasyarakatkan olah raga tradisional namun juga seni di Pacitan,” Ungkapnya
Pernyataan tersebut disampikan Bupati Pacitan Indartato saat acara pengukuhan kepengurusan Formi Pacitan periode 2014-2017 di Gedung Gasibu, Senin (11/01). Menurut Bupati, banyak bidang tugas yang dapat digali Formi di Pacitan. Baik bidang rekreasi, seni, budaya maupun olah raga tradisionalnya.
Sementara itu, menurut Ketua Formi Provinsi Jawa Timur, Drs Suparman, M.Si, Formi memiliki tugas cukup mulia untuk memasyarakatkan olah raga rekreasi. Karena memulai dari olah raga Tradisional, seni dan rekreasi inilah akan muncuk prestasi. Jangan sampai, kekayaan olah raga tradisional dan seni tanah air, berpindah pengakuan karena kurangnya perhatian.
“Seperti halnya sepak takraw maupun pencak silat yang sudah mendunia, Kita akan terus gali potensi lokal lainya melalui Formi,” Katanya.
Lebih lanjut Suparman mengatakan, dalam kegiatan olah raga meliputi tiga unsur . Yakni, olah raga prestasi, olah raga pendidikan serta olah raga rekreasi. Dalam kepengurusan, Ny. Luki Indartato terpilih sebagai ketua FORMI Kabupaten Pacitan. Isteri Bupati Indartato itu akan menahkodai organisasi tersebut hingga 2017.(frend)