PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan rupanya serius untuk terus menumbuhkan minat membaca masyarakat Pacitan. Keseriusan tersebut diwujudkan dengan upaya peningkatan fasilitas dan pelayanan di perpustakaan daerah (Perpusda) Pacitan.

“Kita akan dukung pemenuhan fasilitas yang memadai di perpustakaan daerah meski semuanya harus dilakukan bertahap,” ujar Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM, saat membuka pameran buku dalam rangka hari jadi Kabupaten Pacitan ke 271 di halaman perpusatakaan daerah, Kamis (11/2/2016).

Menurut Indartato, selama ini pihaknya terus berupaya mendorong budaya baca dengan mendekatkan pelayanan perpustakaan hingga desa. Ditambah lagi keberadaan rumah pintar mini yang juga memberikan layanan serupa kepada masyarakat.

Sementara, Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Pacitan Pin Rosiana, SH menyampaikan bahwa koleksi buku di Perpusda saat ini butuh penyegaran. Tercatat, dari 25 ribu koleksi yang ada, hampir separuhnya rusak atau lawas.

Padahal, jika dilihat dari animo pengunjung jumlahnya terus meningkat. Dalam sehari, tingkat kunjungan mencapai 50 hingga 75 orang. “Kita punya anggaran Rp.10 juta per tahun untuk menambah koleksi buku, yang lain kita upayakan kerjasama dengan swasta,” tandasnya.

Lebih lanjut, Pin juga menyampaikan bahwa Perpusda juga memiliki sentra anak serta sentra internet. Semua fasilitas disediakan gratis. Bahkan untuk memuaskan konsumen baca, perpustakaan daerah buka hingga sore, “Pun demikian dengan hari Sabtu dan Minggu juga buka, rata-rata pengunjung adalah mahasiswa dan masyarakat umum, sedangkan sebagian lainya pelajar mulai TK hingga SLTA,” pungkasnya.(frend)