TRENGGALEK- Mendengar Lima keluarga di Desa Jati tinggal dirumah yang hampir roboh, Anggota Komisi X DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas tak bisa tinggal diam, lima keluarga di Desa Jati Kecamatan Karangsari tak mampu membangun tempat berlindung dari panas dan hujan Ibas persembahkan program Rumah Tak Layak Huni (RTLH).
 
Nama pemilik rumah tak layak huni itu adalah Mulyono, Mujito, Sugiarto, Nur, Galuh. Rata-rata profesi mereka sebagai petani. Ibas meletakkan batu pertama sebelum rumah mereka di bedah. Ditengah masyarakat, Ibas juga tak melewatkan kesempatan untuk serap aspirasi dengan tokoh masyarakat dan ratusan warga Desa Jati.
 
Ibas menuturkan, kondisi rumah lima warga tersebut memang tidak sehat, ada yang masih beralas tanah, hampir roboh dan belum ada tempat sanitasi yang ideal. “Saya ingin memastikan, warga hidup dalam lingkungan yang sehat, agar bisa membangun generasi yang sehat fisik dan mentalnya,” ujar putra bungsu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Program RTLH, dikatakan Ibas merupakan kebijakan pro rakyat yang masih dipertahankan dari sekian banyak program masa pemerintahan SBY, manfaat dari program ini salah satunya adalah mengankat harkat dan martabat rakyat miskin. ” Program RTLH punya manfaat yang mulia bagi rakyat miskin, dengan memberikan mereka rumah yang sehat, itu akan membuat mereka sehat secara mental, problemnya adalah membangun rumah butuh biaya yg tidak sedikit, jadi banyak masyarakat yang terpaksa membiarkan rumahnya dalam kondisi yg buruk, kita bantu agar masyarakat miskin menjadi berdaya,” ucap dia.
 
Program pro rakyat, dikatakan Ibas memerlukan pengawalan yang baik dan harus dipastikan benar-benar diterima warga, dirinya tak ragu untuk mengunjungi para penerima manfaat. ” Program ini harus benar-benar tepat sasaran, beberapa persyaratan RTLH harus terpenuhi agar dipastikan warga yg benar-benar butuh ditolonglah yang bisa menjadi penerima manfaat,  untuk itulah saya menemui para penerima manfaat, disini juga ada pendamping program untuk terus memantau berlangsungnya bedah rumah warga,” ungkapnya.
 
Kepala Desa Jati Suyitno mengungkapkan pihaknya begitu berterima kasih dengan bantuan program RTLH yang dikawal oleh Ibas. “Dalam pengawalan program mas Ibas tidak pernag berbelit-belit, begitu kami menitipkan aspirasi melalui Griya Aspirasi Trenggalek, langsung ditanggapi dan ditindak lanjuti, Mas Ibas begitu amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, Kami atas nama warga Desa Jati Mengucapkan matur suwun mas Ibas,” ujarnya.