Jakarta – Tahun ini merupakan keempat kalinya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melepas pemudik warga asal kampung Presiden Indonesia (SBY), di Pacitan. Sekitar 2900 Warga Pacitan yang tinggal di sekitar Jabodetabek melaksanakan tradisi mudik untuk merayakan Idul Fitri 1433H dengan mengikuti program Mudik Gratis, Mudik ke Kampung SBY. Sebanyak 400 unit mobil pribadi dan 10 unit bus dikerahkan untuk mengantar mereka para pemudik yang hendak menuju Pacitan.

 

Pacitan merupakan kampung asal keluarga besar SBY termasuk Tokoh muda Pacitan Edhie Baskoro Yudhoyono yang juga anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat dari daerah pemilihan Jawa Timur. Ibas yang didampingi Haryono Suyono Ketua Dewan Pembina Paguyuban Warga Pacitan, mengatakan kepada para pemudik bahwa tradisi mudik merupakan tradisi yang sangat menyenangkan, “Saya Ingat dulu, tradisi mudik ini pernah saya alami bersama Bapak Presiden SBY dan Ibu Ani. Pulang ke kampung halaman bagi saya merupakan pengalaman menyenangkan karena kita bisa berkumpul bersama dengan keluarga“.

 

Selain itu, Sekjen Partai Demokrat ini menambahkan bagi para pemudik yang mengikuti acara tersebut diharapkan akan mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama warga Pacitan sekaligus meringankan beban masyarakat Pacitan yang ingin pulang ke kampung halaman.

 

Mudik ke kampung SBY 

Ibas mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada Panitia dan segenap Pengurus Paguyuban Warga Pacitan yang telah menyelenggarakan acara mudik tersebut. Hal ini terlihat ketika Ibas tampak semangat melambaikan bendera melepas rombongan untuk memulai perjalanan mudiknya. Terlebih bagi para pemudik, antusiasme yang dirasakan sangat tinggi, karena mereka bisa mudik gratis tanpa biaya transportasi dan sesampainya di Pacitan mereka akan disambut langsung oleh Bupati Pacitan Drs. Indartato.

 

Tak lupa wakil rakyat untuk daerah Pacitan ini juga mengimbau kepada para pengemudi agar tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar kegiatan mudik ini berjalan lancar dan menyenangkan. Di akhir sambutannya Ibas menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dan salam untuk keluarga pemudik yang berada di kampung sebagai rasa persaudaraannya yang sangat dekat dengan masyarakat.