Jakarta – Partai Demokrat dan partai politik terbesar di Malaysia, United Malays National Organisation (UMNO), sepakat membentuk komite bersama untuk membahas persoalan-persoalan penting antara Indonesia-Malaysia. Dalam silaturahim kedua partai berkuasa itu, delegasi Partai Demokrat dipimpin Ketua Umum Anas Urbaningrum dan Sekretaris Jenderal Edhie Baskoro Yudhoyono. Sementara delegasi UMNO dipimpin Wakil Presiden UMNO sekaligus Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyidin Yasin di Four Seasons Hotel Jakarta, Selasa (3/7) sore.

 

Terkait pertemuan tersebut, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan, hubungan harmonis Indonesia dan Malaysia sejauh ini sudah seperti kakak beradik. Meski demikian, Ia juga mengakui hubungan kedua negara kadang-kadang mengalami pasang surut. Oleh karenanya , lanjut politisi muda ini hubungan yang harmonis ini harus terus ditindaklanjuti dengan kerjasama yang konkrit baik antara kedua negara dan partai politiknya.

 

Ibas berharap, pertemuan antarpartai ini  juga bisa melunakkan ketegangan hubungan Indonesia – Malaysia dengan cara dan sudut pandang politik. “Pertemuan yang hangat itu memberikan makna tersendiri. Apalagi melihat hubungan Indonesia Malaysia yang kerap menghangat terkait isu budaya, perbatasan dan tenaga kerja. Untuk itu, pertemuan ini diharapkan dapat melunakkan ketegangan dengan perspektif politik,” tambah Ibas yang juga anggota Komisi I DPR yang membidangi masalah luar negeri ini.

 

Selain membahas isu-isu sensitif di atas, Ibas juga menjelaskan bahwa silaturahim antara kedua partai berkuasa ini menyoroti dan membahas kerjasama  bidang ekonomi, pendidikan, tenaga kerja termasuk budaya. “Intinya mempererat hubungan antara kedua partai dan membahas peningkatan kerjasama antarpartai seperti pelatihan, saling mengunjungi antarkedua partai, young guns training, dan kerjasama lainnya,” lanjutnya.

 

Yang tak kalah penting dalam pertemuan tersebut menurut Ibas adalah mengupayakan hubungan yang erat antarmasyarakat kedua negara ditindaklanjuti dengan komitmen kedua negara untuk mendukung penuh persahabatan antarkedua negara.   **dvd