Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas menghadiri acara silaturahmi bersama Paguyuban Warga Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun dan Ponorogo) di halaman Theater Imax Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu, 6/10/12.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto. Sementara Ibas datang bersama istri Aliya Baskoro Yudhoyono yang tampil mengenakan batik bercorak coklat.

 

Halal bihalal Warga PawitandirogoDalam arahannya, Presiden SBY menyampaikan pentingnya identitas dalam keberagamaan di Indonesia, “Meskipun Indonesia ini satu, Bhineka Tunggal Ika, tidak berarti identitas yang ada dianggap tidak perlu,” tegas Presiden. Ditambahkannya, selama identitas itu diposisikan sebagai kekayaan dan kekuatan, maka tidak akan menimbulkan hal negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Presiden SBY juga menilai ikatan warga Pawintandirogo bukanlah ikatan yang bersifat primodialisme negatif yang dapat merongrong kebersatuan bangsa melainkan ikatan emosional yang justru bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah. “Ikatan warga Pawitandirogo bisa berkontribusi bagi keluarga besar paguyuban, ataupun bangsa dan negara,” ujar Presiden SBY.

 

Sementara, Ketua Umum Paguyuban Warga Pacitan (PWP) Sudibyo Alimoeso dalam sambutannya mengatakan masyarakat yang tergabung dalam cakupan Pawitandirogo begitu antusias ingin bertemu langsung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Dari sekitar 5.000 undangan yang kami sebar, masyarakat yang hadir mencapai dua kali lipat yakni sekitar 10.000 warga,” katanya.

 

“Para tamu ada yang datang langsung dari daerah asalnya, ada juga yang dari wilayah Jabodetabek. Selain dimeriahkan dengan berbagai kesenian daerah, juga ada pameran produk unggulan, seperti makanan khas,” ujar Sudibyo.

 

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Edhie Baskoro Yudhoyono yang telah ikut mendukung terselenggaranya acara halal bihalal warga Pawitandirogo ini. dvd