PONOROGO –  Langkah Dewan Pimpinan Pusat Partai  (DPP) Demokrat untuk melakukan Safari Ramadhan keliling Nusantara, juga dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD se-Indonesia. Demikian juga yang dilakukan Ketua DPC-PD Kabupaten Ponorogo, H. Miseri Efendy, SH.,MH  beserta jajarannya.

Selama bulan Ramadan ini, H. Miseri Efendy, SH.,MH  dan jajarannya melakukan Safari Ramadan dengan terus Sambangi  (mengunjungi dan silaturahmi) dan Blusukan (masuk untuk mengenal lebih dalam) ke Desa-Desa se-Kabupaten Ponorogo. Partai Demokrat  berkemungkinan parpol pertama di Kabupaten  Ponorogo yang menggelar Safari Ramadhan. Kegiatan ini menerjunkan penuh para pengurus DPC, Anggota Fraksi PD DPRD Ponorogo, Bakal Caleg, kader dan simpatisan.

Langkah ini diambil H. Miseri Efendy, SH.,MH  untuk mengangkat elektabilitas (tingkat keterpilihan) Partai Demokrat khususnya di Bumi Reyog.Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ponorogo  H. Miseri Efendy, SH.,MH  mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan selama sebulan ini adalah dalam rangka untuk memanfaatkan momentum hari baik bulan baik Ramadhan 1434 H. “Dimana intensitas, kuantitas dan kualitas kebersamaan dengan masyarakat kian ditingkatkan. Artinya, Partai Demokrat dalam kebersamaan ini menstresingkan pula peningkatan nilai-nilai ibadah,” tutur Miseri.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa berkah Ramadhan dinyakini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.  “Ramadhan merupakan momentum atau peluang yang sangat berharga untuk lebih meningkatkan  Ukhuwah Islamiyah atau jalinan silaturrahmi sesama umat Islam dan nilai-nilai ibadah,” ujarnya.

Langkah ini juga menjadi bagian untuk menjaga agar Partai Demokrat tetap memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014. “Selain itu sebagai persiapan memenangkan Pilgub Jawa Timur 29 Agustus 2013 yang tetap mengusung pasangan Incumbent KarSa atau Soekarwo alias Pak De Karwo dan  Saifullah Yusuf alias Gus Ipul,” ungkap  H. Miseri Efendy, SH.,MH

Pihaknya mengaku menargetkan minimal 2 kursi Anggota DPRD Ponorogo dari Demokrat dari 6 Daerah Pemilihan se-Kabupaten Ponorogo. “DPC Partai Demokrat  Kabupaten  Ponorogo tidak mau kecolongan suara pada saat Pemilu 2014.  Karena itu kami harus terus berjuang untuk meraih simpati dan suara masyarakat. Termasuk dengan terus  menjalankan berbagai strategi dan semakin bekerja keras untuk kembali memenangkan Pemilu 2014,” imbuhnya.

Mantan pengacara ini berharap, dengan kerja keras menyosialisasikan keberhasilan Program Pro-Rakyat Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), melaksanakan berbagai program sosial, tanggap dan langsung menyentuh hati rakyat maka masyarakat kembali menjatuhkan pilihannya kepada Partai Demokrat.

Walau begitu, Pria kelahiran Desa Bekiring, Kecamatan Pulung ini menyadari saat ini persaingan antar-parpol berlangsung semakin ketat. DPC Partai Demokrat  Kabupaten  Ponorogo juga tetap optimistis bahwa perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu 2014 akan lebih besar dibanding Pemilu 2009.

“Meskipun daftar calon tetap atau DCT Legislator DPRD Kabupaten Ponorogo belum dikeluarkan KPUD, saya tetap mewajibkan seluruh Bacaleg (Bakal Calon Legislator) Partai Demokrat di Kabupaten  Ponorogo untuk turun ke seluruh ranting dan anak ranting sesuai dengan Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing. Wajib hukumnya bagi mereka untuk bekerja keras dan memberikan motivasi agar para kader di tingkat anak cabang, ranting, dan anak ranting makin bersemangat bekerja-keras meningkatkan elektabilitas Partai Demokrat,” tegasnya.

Menurutnya, pihak  DPC Partai Demokrat  Kabupaten  Ponorogo menyadari jika  kader, anggota dan simpatisan di Tingkat  Ranting dan Anak Ranting adalah ujung tombak peningkatan elektabilitas Partai Demokrat. Karenanya Memotivasi dan mengajak para kader, anggota dan simpatisan di struktur terbawah agar makin bekerja keras pasti berdampak langsung pada sampainya Program-Program Pemerintahan Presiden SBY dan Program-Program Partai Demokrat pada masyarakat di berbagai pelosok.

“Itulah sebabnya kami menginstruksikan kepada semua bacaleg untuk turun ke struktural terbawah. Ini adalah langkah antisipasi atau cara menjaga agar masyarakat tetap loyal dan akhirnya Partai Demokrat tetap memenangkan Pemilu 2014,” jelasnya.

Miseri juga menginstruksikan para Bacaleg agar memberikan info yang benar terkait sosoknya kepada masyarakat di setiap Desa (Ranting) dan RW (Anak Ranting). “Hal ini perlu dilakukan agar rakyat mengetahui persis apa kelebihan kandidat dari Partai Demokrat yang akan berkompetisi dengan kandidat parpol lainnya. Bacaleg dari Partai Demokrat Kabupaten Ponorogo dilarang menjatuhkan bacaleg lainnya karena para kader harus memegang teguh etika politik yang bersih, cerdas, dan santun, sesuai instruksi Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono,” terangnya.

Sekali lagi ia menegaskan bahwa Bacaleg harus Partai Demokrat harus bersih, cerdas, dan santun. “Rakyat tidak akan menyukai kader yang menjelekkan kompetitornya. Apalagi kalau yang dijelek-jelekkan  adalah sesama kader. Saya mengingatkan para kader dan anggota DPC-PD Kab Ponorogo agar memahami keinginan masyarakat karena merekalah yang bisa menaikkan elektabilitas Partai Demokrat. Hilangkan sifat egois. Mari menahan diri. Tanamkan kepercayaan pada masyarakat agar Partai Demokrat tetap unggul seperti di tahun 2009,” pintanya.

“Datang, sapa, dan ajaklah masyarakat menjadi Anggota Partai Demokrat agar partai kita semakin besar. Saya selaku Ketua DPC-PD pasti berusaha membantu sepenuhnya setiap kader yang bersosialisasi di Kabupaten Ponorogo baik dari tingkat  DPARt, DPRt maupun dari DPAC,”  paparnya.

Secara tegas ia menyatakan bahwa DPC Partai Demokrat  Kabupaten  Ponorogo telah menyatukan tekad untuk meraih kemenangan yang hakiki pada Pigub Jawa Timur 29 Agustus  dan Pemilu 2014.

“Teruslah bekerja keras. Teruslah optimistis para kader DPC Partai Demokrat  Kabupaten Ponorogo. Saat ini masih ada kesempatan meningkatkan elektabilitas  Partai Demokrat secara signifikan di Kabupaten Ponorogo khususnya dan nasional umumnya,” jlentrehnya. Setiap hari, DPC Partai Demokrat melakukan Safari Ramadhan di 2 Kecamatan yang ada di kabupaten Ponorogo. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) Team serta Tim Pondasi Sartono. Usai safari Ramadhan, pihak DPC Partai Demokrat Ponorogo menyerahkan bingkisan kepada kader dan simpatisan yang hadir. (MUH NURCHOLIS)