MAGETAN-Tingginya Upah Minimum Regional (UMR) di Kota besar sepertinya membawa angin segar bagi daerah terpencil seperti Kabupaten Magetan. Masuk tahun 2013 UMR di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi (Jabotedetabek) biaya tenaga kerja sangat tinggi, akibatnya sejumlah investor memilih mencari UMR lebih rendah. “Saat ini, investor asal Jabotedetabek sudah ada yang mulai masuk ke wilayah Jawa Tengah seperti Boyolali dan Jawa Timur ,” ungkap Suwadi Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Magetan.Jumat (22/03/2013).

Suwadi menerangkan, seperti Pemerintah Boyolali saat ini sudah kontrak dengan investor asal Korea dengan mengembangkan sentral Batik. Pihak Investor telah disediakan lahan seluas 38 hektar, dari seluas itu pihaknya investor akan membuat sejumlah fasilitas, seperti tempat pelatiahan, serta pabrik proses pembuatan hingga proses siap exsport.

“Di Magetan sendiri, berharap ada investor yang masuk, asalkan pihak Pemerintah Magetan tidak mempersulit proses tanah, sehingga hal ini akan bisa menarik investor masuk ke Magetan,”paparnya.
Masih kata Suwadi, saat ini dalam waktu dekat Insayallah akan ada investor masuk ke Magetan, dan tentunya terkait perusahaan sepatu yang selama ini menjadi unggulan kabupaten Magetan.”Seperti kabupaten Madiun, saat ini sudah didirikan pabrik sepatu,”pungkasnya.

“yang jelas investor butuh kepastian dari pihak yang di datangi, diharapkan jangan sampai ketika investor masuk ke Magetan tidak jadi karena di persulit terkait lahan maupun ijin lainnya. Bila bisa menangkap peluang tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan mengurangi pengangguran di Magetan dan mereka tidak perlu mencari pekerjaan di luar daerah maupun menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri,” katanya.

Menurutnya, kalau semua itu tidak segera di sikapi maka momentum tersebut akan hilang, sehingga sangat disayangkan.”Soal tenaga kerja di Magetan saya kira sudah cukup siap, kalaupun ada kekurangan, pihak perusahaan cukup memberi pelatihan yang tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak.
Sementara itu, sesuai kabar yang kami termia, Kabupaten Magetan akan didatangi investor untuk pengembangan sepatu sandal .” Insya Alloh pertengahan tahun ini (red,2013) akan ada investor masuk Magetan,”ungkapnya. (Maksum)