MADIUN – Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jatim VII,  Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY)  atau Ibas resmi bergabung sebagai warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tingkat 1. Tak pelak, keinginannya menjadi pesilat itu disambut hangat oleh keluarga besar organisasi pesilat terbesar didunia tersebut saat wisuda sebagai anggota tingkat 1 oleh Padepokan PSHT Pusat Madiun di Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun, Jatim, Rabu (12/9/2018).

Kegemaran Ibas dengan olahraga bela diri memang tak diragukan lagi, menurutnya olahraga bela diri silat memang perlu dilestarikan. “Saya senang dan bangga bergabung sebagai keluarga besar PSHT, sebab olahraga beladiri pencak silat merupakan bagian dari budaya bangsa, kita harus melestarikan,”ungkapnya.

Olaraga beladiri silat, dikatakan Ibas juga merupakan salah satu seni mengolah jiwa dan raga. “Saya mempelajari bahwa ketika kita sudah mampu ilmu silat, semakin juga harus mampu membawa dan mengendalikan diri,” ucap ketua Fraksi Partai Demokrat ini.

Kedepan Ibas berharap mampu terus menggali ilmu silat sebagai bagian dari kehidupannya. “Tentunya saya yakin dengan berolahraga, bukan hanya badan sehat, jiwa kita juga menjadi kuat, kedepan saya tidak akan berhenti menggali ilmu silat bersama warga PSHT,” katanya.

 

Sedangkan Ibas menyampaikan bahwa PSHT Organisasi yang mulia dengan terus konsisten menjaga nilai-nilai luhur kebangsaan, semangat persatuan, kebersamaan dan perjuangan. “PSHT terus menjadi wadah mengawal Pancasila dan NKRI semakin kuat dan mengakar di masyarakat dan generasi penerus,” imbuh dia.

Bukan hanya itu, Ibas berharap PSHT bisa juga menjadi wadah mengukir prestasi olahraga pencak silat mengharumkan nama bangsa Indonesia. “Seperti yang dipersembahkan atlet pencak silat asal Ponorogo yang merebut medali emas dalam cabang olahraga pencak silat dalam Asian Games baru-baru ini,” ungkapnya.

Bergabungnya Ibas di PSHT mengundang reaksi yang menggembirakan dari anggota nya. Salah satu warga PSHT dari Ponorogo Agus Widodo bersyukur Ibas sudah disahkan menjadi warga PSHT. “Kita juga patut bersyukur sekelas EBY mau latihan dan menjadi calon warga dengan mengikuti seluruh proses untuk menjadi warga. Ketokohan beliau tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat kita. Dan terpenting tambah dulur,” ujar dia Jumat (14/9/2018)

Hal senada disampaikan oleh Wahyudi warga PSHT lainnya. “Mudah mudahan semuanya menjadi lebih baik khususnya PSHT. Mari kita doakan adik-adik kita yang malam ini pengesahan semoga aman dan lancar. Dan semoga menjadi orang SH yang berbudi luhur tahu benar dan salah. Aamiin,” ungkap Wahyudi.

Sedangkan Taufik Johar warga PSHT lainnya juga berharap Ibas menjadi warga PSHT yang disiplin. “Mugo-mugo iso memayu hayuning bawono. Aamiin,” papar Taufik dalam bahasa Jawa.